2018-10-04   |   Dilihat 189 kali
WABUP HARAPKAN BUDAYA RUWATAN DESA TETAP DILESTARIKAN
Foto : Dok. Bag.Humas & Protokol-lmj

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) berharap agar masyarakat tetap melestarikan budaya ruwatan desa. Mengingat acara tersebut mengandung unsur kebudayaan yang cukup kuat sebagai budaya lokal di Kabupaten Lumajang. Hal itu disampaikan dalam sambutannya pada prosesi Ruwatan Desa, di Dusun Mulyoharjo Desa Pronojiwo Kecamatan Pronojiwo, Kamis (4/10/2018) pagi.

Bunda Indah menyampaikan bahwa ke depan, dirinya meminta agar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan bisa mendampingi kegiatan yang mengandung unsur kebudayaan, sehingga kearifan lokal Kabupaten Lumajang bisa tetap dilestarikan.

"Untuk itu, Saya berharap agar ke depan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan bisa mendampingi kegiatan yang mengandung unsur kebudayaan seperti ini," harapnya.

Dirinya juga berpesan agar masyarakat Desa Pronojiwo dapat tetap menjaga kerukunan antar warga, sehingga Desa Pronojiwo makin makmur, aman dan tertib.

Disamping itu, Bunda Indah mengatakan bahwa semua Aparatur Pemerintah Daerah hingga Pemerintahan Desa harus bisa melayani dan menyerap aspirasi rakyatnya dengan baik. Menurutnya, sama halnya dengan Kepala Daerah yang dipilih oleh rakyat, jadi harus bisa melayani rakyatnya dengan baik.

"Pemerintah itu harus bisa melayani masyarakat dengan baik, karena pada hakekatnya peran pemerintah adalah sebagai pelayan masyarakat," katanya.

Ia juga mengatakan bahwa dirinya tidak ingin ada rakyat yang mengeluh soal pelayanan dan infrastruktur selama masa kepemimpinannya dalam 5 tahun ke depan, karena tugas pemerintah harus bisa melayani dengan baik. Menurutnya, Infrastruktur merupakan hal terpenting bagi masyarakat, jadi harus ada perbaikan infrastruktur pada setiap wilayah yang membutuhkan perbaikan.

Sementara itu, Kepala Desa Pronojiwo Ida Nuraini menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Wakil Bupati Lumajang yang sudah hadir dalam acara Ruwatan Desa Pronojiwo.

Ia juga menyampaikan bahwa serangkaian acara Ruwatan Desa Pronojiwo tahun 2018 ini dilaksanakan selama 10 hari, yakni dimulai tanggal 22 September - 10 Oktober 2018.

"Keberhasilan suatu desa tidak lepas dari peran masyarakat, serta kerja sama yang baik antara Pemerintah Desa  dengan masyarakat Desa Pronojiwo. Dan, Insyaallah segala program akan terlaksana dengan baik jika Pemerintah Desa dan masyarakat saling mendukung," ujarnya.

Dalam acara tersebut, Bunda Indah juga mengikuti prosesi kirab Gunungan hasil bumi dan menyaksikan pemendaman kepala sapi di Sumber Sesembahan Desa Pronojiwo. (Bag.Humas & Protokol, Kominfo-lmj)

05 September 2019   |   Dilihat 237 kali   |   Baca
PROGRAM KOTAKU, MEMBANGUN NEGERI DARI LORONG SEMPIT ......................................................................................................
04 September 2019   |   Dilihat 94 kali   |   Baca
ANAK LUMAJANG, BERANI JUJUR ITU HEBAT ......................................................................................................
03 September 2019   |   Dilihat 93 kali   |   Baca
KEMAJUAN DAN KEKUATAN PEREKONOMIAN INDONESIA HARUS DITOPANG DENGAN PERILAKU ANTI KORUPSI ......................................................................................................
01 September 2019   |   Dilihat 82 kali   |   Baca
PJ. SEKDA KAGUM DENGAN KEMERIAHAN PERINGATAN TAHUN BARU ISLAM DI KLANTING ......................................................................................................
02 September 2019   |   Dilihat 78 kali   |   Baca
LUMAJANG MENJADI TITIK KE 20 ROADSHOW BUS KPK 2019 ......................................................................................................