2018-10-13   |   Dilihat 318 kali
PEMKAB LUMAJANG TANGGUNG BIAYA PENGOBATAN ANAK PENDERITA MENINGOCELE
Foto : Dok. Bag. Humas & Protokol

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang akan melakukan pendampingan dan menanggung semua proses pengobatan masyarakat tak mampu penderita meningocele, yakni atas nama Desi Agustin (11th) yang beralamat di Dusun Bulak Winong RT 001 RW 002 Desa Kalibendo Kecamatan Pasirian.

Hal itu dikatakan oleh Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) didampingi OPD terkait dan Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kab. Lumajang saat mengunjungi pasien penderita meningocele, bertempat di Panti Asuhan Muhammadiyah Darul Istiqomah Kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur, Sabtu (13/10/2018).

Bunda Indah mengatakan bahwa sejauh ini, dirinya juga telah melakukan koordinasi dengan Instansi terkait untuk menangani pasien penderita penyakit meningocele tersebut. Dan, rencananya pasien tersebut akan dirujuk ke Rumah Sakit Internasional Surabaya untuk dilakukan pemeriksaan dan pengobatan yang dijadwalkan pada tanggal 17 Oktober 2018 nanti.

"Nanti pasien Desi Agustin akan dibawa ke Rumah Sakit Internasional Surabaya, untuk dilakukan pemeriksaan, kemudian dilakukan tindakan operasi. Untuk itu, saya minta agar keluarga tidak perlu memikirkan soal biaya," katanya.

Sementara itu, Nenek pasien penderita meningocele tersebut, Ngatiyem menyampaikan bahwa Desi Agustin telah mengidap kelainan sejak lahir. Namun, karena keterbatasan ekonomi keluarga, dirinya tidak bisa berobat secara maksimal.

"Nggeh kados ngeten, nggeh genduk mulai lahir pun ngeten, bendintene tinggal kale kulo (Ya sudah begitu itu, sejak lahir cucu perempuan saya sudah begitu, dan setiap harinya tinggal bersama saya, red)," katanya.

Ia juga menyampaikan, selama ini Desi Agustin hanya tinggal bersamanya, karena kedua orang tuanya telah lama meninggal dunia. Dirinya berharap, setelah berobat nanti Desi Agustin bisa kembali sehat dan menjalani aktivitas yang normal seperti anak remaja lainnya.

Sementara, Guru Sekolah pasien penderita meningocele tersebut, Satupah juga mengungkapkan perilaku dan keseharian Desi Agustin saat berada di lingkungan sekolah bahwa muridnya itu memiliki kemauan belajar yang tinggi.

“Saat saya mengajar, dia sempat mengeluh sakit di sekolahnya, pandangan matanya kabur saat mengikuti pelajaran di kelas. Dan, hal itu yang membuat guru-gurunya turut prihatin, serta berusaha keras mencarikan solusi untuk kesembuhannya,” ungkapnya. (Bag. Humas & Protokol, Kominfo-lmj)

19 November 2019   |   Dilihat 273 kali   |   Baca
RALAT SURAT PENGUMUMAN PENERIMAAN CPNS 2019 PEMKAB LUMAJANG DITERBITKAN ......................................................................................................
09 November 2019   |   Dilihat 176 kali   |   Baca
LUMAJANG RAIH PLATINUM DALAM INDOHCF INNOVATION AWARDS III ......................................................................................................
04 November 2019   |   Dilihat 171 kali   |   Baca
KEPALA OPD HARUS PAHAMI TUPOKSI DAN PROGRAM KERJANYA ......................................................................................................
11 November 2019   |   Dilihat 161 kali   |   Baca
PUSTAKAWAN DESA DI LUMAJANG MENDAPAT BIMTEK PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN ......................................................................................................
07 November 2019   |   Dilihat 160 kali   |   Baca
BUPATI DAN WABUP BUKA FESTIVAL PAK MA'AJEH PERDANA ......................................................................................................