2018-10-16   |   Dilihat 137 kali
WABUP : CANTUMKAN NOMOR BUPATI DAN WABUP PADA SOP PELAYANAN
Foto : Dok. Bag. Humas & Protokol-lmj

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati (Bunda Indah) meminta OPD pelayanan mencatat dan mencantumkan nomor telepon seluler (HP) Bupati dan Wakil Bupati pada SOP (Standart Operasional Procedure) Pelayanan.  Hal itu disampaikan saat membuka Seminar Advokasi Komitmen Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bertema Strategi dan Kiat Sukses RE - Akreditasi FKTP Berkualitas, di Hotel Gajah Mada Lumajang, Selasa (16/10/18).

Bunda Indah meminta pemasangan SOP pada setiap OPD Pelayanan tersebut agar masyarakat paham tentang alur maupun pembiayaan terhadap pelayanan di OPD tersebut. Selain itu dengan pencantuman nomor Bupati dan Wakil Bupati Lumajang, masyarakat bisa segera memberi masukan apabila ada pelayanan yang kurang tepat. "Sehingga apabila ada masyarakat yang protes, bisa mengadu kepada kami," jelasnya.

Bunda Indah menyampaikan bahwa Pemerintah harus melayani masyarakat dengan baik. Secara khusus, ia berharap pada sektor kesehatan tidak ada tebang pilih dalam hal memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Terkait pelayanan publik, Bunda Indah mengungkapkan bahwa Lumajang berada di zona merah dalam hal pelayanan. Hal itu berdasarkan penilaian Ombudsman RI sebuah lembaga pengawas penyelenggaraan pelayanan publik.  Ombudsman mencatat, Lumajang mendapatkan angka 22, 5 dalam hal pelayanan, angka tersebut masuk dalam  rentang angka 0 sampai 50  atau berada dalam zona merah.

"Ini merupakan perhatian kita bersama, ke depan kita harus keluar dari zona merah tersebut. Kita harus malayani masyarakat dengan baik,” ajaknya.

Tidak hanya meningkatkan pelayanan publik, Pemkab juga akan berkonsentrasi mengangkat indeks pembangunan tentang Kesehatan, Pendidikan dan Ekonomi. Hal itu diharapkan nantinya dapat menunjang Indeks Pembangunan Manusia di Lumajang.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Lumajang, drg. Rina Dwi Astuti, melaporkan sudah 22 dari total 25 Puskesmas di Kabupaten Lumajang telah malaksakan survey akreditasi.

"Sisanya Insya Allah 3 Puskesmas masih menunggu jadwal untuk dilaksanakan survey atau penilaian akreditasi, yang kami harap pada Oktober atau November 2018 ini", harapnya.

Ia juga menyampaikan secara periodik setiap 3 tahun akan dilaksanakan akreditasi ulang (re-akreditasi). Hal ini dilakukan agar Fasilitas Pelayanan Kesehatan tetap terjaga kualitasnya.                         Komitmen pelaksanaan re-akreditasi tersebut perlu dukungan lebih dari Pemerintah serta semua pihak lintas sektor terkait. "Hal ini sangat mempengaruhi berjalannya kinerja FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama,red) terakreditasi tersebut," ujarnya.

Di samping itu, ia juga melaporkan seminar tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada lintas sektoral agar dapat berintegrasi dalam pelaksanaan pemenuhan standarisasi pelayanan kesehatan di Puskesmas dan FKTP lainya yang ada di Kab. Lumajang. Sedangkan peserta yang hadir dalam seminar tersebut tercatat 200 orang.

Dalam seminar ini, menghadirkan narasumber, Direktur Mutu dan Akreditasi Yankes Kemenkes RI, dr. H. Kamba M. Taufik, MMR., dan Kepala seksi Kesehatan Primer Dinas Kesehatan Prov. Jatim, drg. Lily Aprialianti. (Bag. Humas & Protokol, Kominfo-lmj)

19 November 2019   |   Dilihat 273 kali   |   Baca
RALAT SURAT PENGUMUMAN PENERIMAAN CPNS 2019 PEMKAB LUMAJANG DITERBITKAN ......................................................................................................
09 November 2019   |   Dilihat 176 kali   |   Baca
LUMAJANG RAIH PLATINUM DALAM INDOHCF INNOVATION AWARDS III ......................................................................................................
04 November 2019   |   Dilihat 171 kali   |   Baca
KEPALA OPD HARUS PAHAMI TUPOKSI DAN PROGRAM KERJANYA ......................................................................................................
11 November 2019   |   Dilihat 161 kali   |   Baca
PUSTAKAWAN DESA DI LUMAJANG MENDAPAT BIMTEK PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN ......................................................................................................
07 November 2019   |   Dilihat 160 kali   |   Baca
BUPATI DAN WABUP BUKA FESTIVAL PAK MA'AJEH PERDANA ......................................................................................................