2018-10-22   |   Dilihat 45 kali
PEMKAB GELAR JAMBORE KADER KONSELOR SEBAYA
Foto : Dok. Bag. Humas & Protokol-lmj
Pemerintah Kabupaten Lumajang akan terus berupaya untuk menguatkan peranan Kader Konselor Sebaya dalam kehidupan remaja saat ini, sehingga dapat membentengi anak atau remaja dari pengaruh negatif di lingkungan.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) saat membuka acara Jambore Kader Konselor Sebaya Kabupaten Lumajang Tahun 2018, dengan tema “Remaja Indonesia Sehat dan Cerdas”, bertempat di Gedung Olah Raga (GOR) Wira Bhakti Kabupaten Lumajang, Senin (22/10/2018) pagi.

Bunda Indah juga menyampaikan bahwa saat ini telah banyak dijumpai anak-anak yang melanggar aturan dari orangtua maupun guru di sekolah. Dan, anak-anak tersebut sering melakukan hal-hal yang kurang baik, seperti terlibat kasus perkelahian dan terjerumus pada penyalahgunaan narkoba.

“Untuk mengatasi hal tersebut, saya meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab, red) Lumajang melalui Dinas Kesehatan bisa lebih meningkatkan peran dan fungsi Kelompok Pemuda Sebaya (Youth Peer Group), dengan memberikan pelatihan sebagai Pendidik Sebaya, yang dapat meningkatkan kemampuan untuk menjadi Konselor Sebaya,” ujarnya.

Menurutnya, dengan memberikan pelatihan konselor sebaya dapat mengoptimalkan potensi remaja yang memiliki kemampuan konseling. Dan, remaja yang memiliki kemampuan konseling dapat dijadikan sumber belajar (konselor) bagi remaja lain yang memiliki masalah (konselee).

“Dengan memanfaatkan remaja untuk menjadi mitra dalam menyelesaikan masalah teman yang mempunyai usia yang hampir sama atau sebaya, maka jarak antara konselor dengan konselee dapat didekatkan sehingga hambatan psikologis sosiologis yang menyebabkan remaja tertekan dapat dikurangi atau dihilangkan,” kata Bunda Indah.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang Agus Hari Widodo mengatakan, tujuan kegiatan Jambore Kader Konselor Sebaya ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Kader Konselor Sebaya untuk menjadi Konselor Sebaya di sekolahnya maupun di lingkungan tempat tinggalnya.

Dan, dikatakan Agus, bahwa kegiatan ini juga dapat mengajarkan remaja untuk berperilaku positif dan hidup sehat, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam memberikan penyuluhan, serta mengatasi masalah teman sebayanya.

Kegiatan Jambore Kader Konselor Sebaya ini, diikuti oleh 100 orang Kader Konselor Sebaya dari SMP se-Kabupaten Lumajang, 25 orang Guru pendamping dan 25 orang Pengelola program dari Puskesmas. (Bag. Humas & Protokol, Kominfo-lmj)
19 November 2019   |   Dilihat 272 kali   |   Baca
RALAT SURAT PENGUMUMAN PENERIMAAN CPNS 2019 PEMKAB LUMAJANG DITERBITKAN ......................................................................................................
09 November 2019   |   Dilihat 176 kali   |   Baca
LUMAJANG RAIH PLATINUM DALAM INDOHCF INNOVATION AWARDS III ......................................................................................................
04 November 2019   |   Dilihat 171 kali   |   Baca
KEPALA OPD HARUS PAHAMI TUPOKSI DAN PROGRAM KERJANYA ......................................................................................................
11 November 2019   |   Dilihat 161 kali   |   Baca
PUSTAKAWAN DESA DI LUMAJANG MENDAPAT BIMTEK PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN ......................................................................................................
07 November 2019   |   Dilihat 160 kali   |   Baca
BUPATI DAN WABUP BUKA FESTIVAL PAK MA'AJEH PERDANA ......................................................................................................