2018-10-23   |   Dilihat 105 kali
PEMKAB APRESIASI PMI DALAM PELAYANAN DARAH DAN PENANGANAN KEBENCANAAN DI LUMAJANG
Foto : Dok. Bag. Humas & Protokol-lmj

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang memberikan apresiasi kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Lumajang terkait pelayanan pemenuhan kebutuhan darah maupun program-programnya dalam membantu tugas pemerintah daerah menangani bencana, salah satunya bencana kekeringan dan krisis air bersih di Kabupaten Lumajang.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) yang didampingi Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) saat berdiskusi dalam acara audiensi bersama PMI Cabang Lumajang, bertempat di Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang, Selasa (23/10/2018).

Cak Thoriq menyampaikan bahwa sebagai upaya mengatasi kekeringan yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Lumajang, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait, seperti Badan Penanggulangan Bencanan Daerah (BPBD) dan PMI.

“Untuk itu, saya mengharapkan agar PMI dapat menjalin sinergitas yang baik dengan pemerintah daerah dalam menanggulangi bencana kekeringan, maupun pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Lumajang,” ujarnya.

Dirinya juga menyampaikan, saat ini Pemkab Lumajang melalui BPBD telah meluncurkan 6 unit mobil tangki air bersih, tetapi hal ini masih belum dapat menuntaskan permasalahan kekeringan air tersebut.

“Untuk itu, Kita harus bekerja lebih kompak agar ke depan saat terjadi permasalahan bencana kekeringan air, maka pemerintah daerah, PMI dan pihak lainnya dapat menuntaskan permasalahan ini secara bersama-sama," ujarnya.

Cak Thoriq menambahkan bahwa dirinya dan Wakil Bupati Lumajang akan terus meningkatkan sinergitas dengan mendukung semua program-program yang dilakukan oleh PMI, sehingga dapat menuntaskan sejumlah permasalahan yang ada di Kabupaten Lumajang.

Disamping itu, Bunda Indah mengatakan bahwa program-program pemerintah daerah yang telah direalisasikan, yakni program ibu melahirkan secara gratis. Menurutnya, tujuan utama program ini adalah untuk menekan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) di Kabupaten Lumajang.

“Kami berharap dengan terlealisasinya program tersebut, PMI melalui Unit Donor Darah (UDD) PMI dapat memfasilitasi kebutuhan pelayanan darah yang berkualitas, jika ada ibu melahirkan yang mengalami pendarahan dan membutuhkan bantuan darah,” harapnya.

Sementara itu, Ketua PMI Cabang Lumajang Budi Santoso juga menyampaikan semua program-program yang telah dilakukan oleh PMI dalam membantu tugas pemerintah daerah untuk menangani pemenuhan kebutuhan darah dan kebencanaan.

Lebih lanjut, dia juga menyampaikan bahwa sebelum Kabupaten Lumajang mendapatkan bantuan dana dari Perusahaan Samsung Group untuk program USAID Indonesia Urban Water, Sanitation dan Hygiene penyehatan Lingkungan untuk Semua (IUWASH PLUS adalah inisiatif untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan akses air minum dan layanan sanitasi) untuk mengatasi kekeringan di wilayah Desa Gucialit ditahun 2016-2017 lalu, PMI dan BPBD telah bekerja sama untuk droping air bersih.

“Kami bersyukur, setidaknya hal yang dilakukan dapat mengatasi permasalahan kekeringan air sampai Desa Gucialit mendapatkan bantuan dari Perusahaan Samsung Group dengan program IUWASH PLUS untuk meningkatkan akses untuk kualitas layanan air minum bagi masyarakat,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Budi juga mengungkapkan bahwa pada Bulan November 2018, PMI Cabang Lumajang akan menyelenggarakan berbagai program kegiatan dalam memperingati HUT PMI ke-73, yakni kegiatan Jalan Sehat yang akan digelar pada 16 November 2018 dan Jumpa Bakti Gembira (JUMBARA) 2018 yang akan digelar pada (2-4) November 2018 mendatang, bertempat di Hutan Mauni Desa Penanggal Kecamatan Candipuro. (Bag. Humas & Protokol, Kominfo-lmj)

19 November 2019   |   Dilihat 307 kali   |   Baca
RALAT SURAT PENGUMUMAN PENERIMAAN CPNS 2019 PEMKAB LUMAJANG DITERBITKAN ......................................................................................................
09 November 2019   |   Dilihat 180 kali   |   Baca
LUMAJANG RAIH PLATINUM DALAM INDOHCF INNOVATION AWARDS III ......................................................................................................
04 November 2019   |   Dilihat 174 kali   |   Baca
KEPALA OPD HARUS PAHAMI TUPOKSI DAN PROGRAM KERJANYA ......................................................................................................
07 November 2019   |   Dilihat 166 kali   |   Baca
BUPATI DAN WABUP BUKA FESTIVAL PAK MA'AJEH PERDANA ......................................................................................................
11 November 2019   |   Dilihat 165 kali   |   Baca
PUSTAKAWAN DESA DI LUMAJANG MENDAPAT BIMTEK PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN ......................................................................................................