2018-10-24   |   Dilihat 105 kali
IKUTI JAMBORE, SANTRI HUSADA DIHARAPKAN MAMPU KEMBANGKAN POTENSI DIRI
Foto : Dok. Dinkes-lmj

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang terus berupaya untuk mengembangkan potensi Santri Husada dalam mempromosikan kesehatan dan mencegah penyakit menular dan penyakit tidak menular di lingkungan pesantren.

Hal tersebut disampaikan oleh Asisten Pemerintahan Setda Kabupaten Lumajang Susiyanto saat membuka acara Jambore Santri Husada Kabupaten Lumajang Tahun 2018, yang diikuti oleh Santri Husada se-Kab. Lumajang, bertempat di Alun-alun Kabupaten Lumajang, Rabu (24/10/2018) pagi. Kegiatan Jambore Santri Husada ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Santri Nasional tahun 2018.

Susiyanto juga menyampaikan bahwa kesehatan adalah tanggung jawab bersama yang harus diperjuangkan oleh semua pihak, salah satunya adalah komunitas pesantren. Dan, sesuai dengan data dari Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Lumajang, terdapat 119 Ponpes (Pondok Pesantren) dengan jumlah Santri sebanyak 20.623 Orang.

Menurutnya, hal ini merupakan sumberdaya yang cukup besar  dalam pemberdayaaan masyarakat khususnya di pesantren, agar masyarakat mampu mengenali, merencanakan serta melakukan upaya untuk mencegah permasalahan kesehatan yang dihadapi.

Dirinya juga mengungkapkan, bahwa wujud pemberdayaan masyarakat yang akan dilakukan oleh Pemkab Lumajang di pondok pesantren adalah peningkatan kapasitas Pos Kesehatan Pondok Pesantren (Poskestren), dengan lebih mengarahkan Santri pada kegiatan promotif dan preventif tanpa mengesampingkan upaya kuratif dan rehabilitatif.

“Tahun 2017, di Kabupaten Lumajangtelah terbentuk 36 Poskestren dengan jumlah santri husada sebanyak 635 Orang, dan Poskestren berstrata puri sebanyak 21 Poskestren,” ungkapnya.

Susiyanto berharap Poskestren yang ada di Kabupaten Lumajang dapat bertambah jumlah dan kualitasnya, sehingga akan mampu mengatasi masalah kesehatan di Pondok Pesantren maupun masyarakat sekitarnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang dr. Bayu Wibowo dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiata ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Santri Husada dalam promosi kesehatan PHBS melalui seni hadrah, kaligrafi tentang pesan-pesan kesehatan, dan melalui dakwah yang berlandaskan ayat-ayat suci Al Qur’an atau Hadits bertemakan Kesehatan serta memepererat silaturahim antar Santri Husada.

Lebih lanjut, dia juga menyampaikan, penyelenggaraan dan pembinaan Poskestren ini telah diatur dalam Permenkes Nomor 1 Tahun 2013 Tentang Pedoman Penyelenggaraan dan Pembinaan Pos Kesehatan Pesantren, yang menyebutkan bahwa dalam pelaksanaannya dimotori oleh Santri Husada sebagai pelaksana Poskestren, Santri Husada perlu mempunyai pengetahuan, keterampilan dan motivasi agar mampu melakukan kegiatan kesehatan terutama menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Dalam acara tersebut juga digelar beberapa perlombaan bagi Santri Husada, yakni Lomba Hadrah Kesehatan, Dakwah Kesehatan, dan Kaligrafi Kesehatan. Dan, pemenang lomba tersebut, diantaranya adalah Ponpes Darun Najah Wilker Puskesmas Labruk Lor yang meraih Juara Umum Lomba Hadrah Kesehatan, Ponpes Al Islah Wilker Puskesmas Rogotrunan yang meraih Juara Umum Lomba Dakwah Kesehatan, dan Ponpes Syarifuddin Wilker Puskesmas Kedungjajang yang meraih Juara Umum Lomba Kaligrafi Kesehatan. (Dinkes, Kominfo-lmj)

19 November 2019   |   Dilihat 307 kali   |   Baca
RALAT SURAT PENGUMUMAN PENERIMAAN CPNS 2019 PEMKAB LUMAJANG DITERBITKAN ......................................................................................................
09 November 2019   |   Dilihat 179 kali   |   Baca
LUMAJANG RAIH PLATINUM DALAM INDOHCF INNOVATION AWARDS III ......................................................................................................
04 November 2019   |   Dilihat 174 kali   |   Baca
KEPALA OPD HARUS PAHAMI TUPOKSI DAN PROGRAM KERJANYA ......................................................................................................
11 November 2019   |   Dilihat 165 kali   |   Baca
PUSTAKAWAN DESA DI LUMAJANG MENDAPAT BIMTEK PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN ......................................................................................................
07 November 2019   |   Dilihat 165 kali   |   Baca
BUPATI DAN WABUP BUKA FESTIVAL PAK MA'AJEH PERDANA ......................................................................................................