2018-10-25   |   Dilihat 179 kali
PERINGATI HSN, PEMKAB LUMAJANG GELAR FESTIVAL MUSIK PATROL
Foto : Dok. Bag. Humas & Protokol-lmj

Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang menggelar Festival Musik Patrol yang merupakan serangkaian acara peringatan HSN Tahun 2018, bertempat di Alun-alun Barat Kabupaten Lumajang, Rabu (24/10/2018) malam.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq), Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah), Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lumajang, sejumlah Kepala OPD, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat di Kabupaten Lumajang.

Cak Thoriq dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Festival Musik Patrol ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Pemkab Lumajang dan bekerja sama dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Lumajang dalam momentum peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2018.

"Saya dan Bunda Indah akan terus menyelenggarakan kegiatan musik patrol ini, dengan harapan tahun depan festival musik patrol ini dapat terselenggara lebih meriah lagi. Termasuk di dalamnya terdapat kategori/ kelas-kelas dalam festival musik patrol, sehingga masyarakat dari berbagai kalangan dapat berpartisipasi dalam festival itu," ujarnya.

Disamping itu, Bunda Indah juga mengungkapkan bahwa dirinya mengharapkan festival musik patrol ini dapat dijadikan sebagai ajang untuk mengembangkan dan menampilkan kreativitas serta dapat menghibur masyarakat Lumajang.

“Biasanya musik patrol hanya sekadar menjadi alat penggugah sahur pada malam hari di bulan puasa. Akan tetapi, dengan dikemas dalam sebuah acara festival, musik patrol juga bisa dijadikan sebagai hiburan dan bagian dari seni pertunjukan layaknya musik pada umumnya,” ungkapnya.

Dirinya berharap agar musik patrol nantinya juga bisa diterapkan di wilayahnya masing-masing untuk kegiatan ronda dalam menjaga keamanan. "Saya berharap musik patrol ini bisa diterapkan di desa-desa, di saat 3 pilar desa dan masyarakat menjaga keamanan daerahnya di malam hari," harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Jamaludin dalam laporannya menyampaikan bahwa Festival Musik Patrol ini bertujuan untuk menjaga dan melestarikan kesenian dan budaya musik khas Jawa Timur.

Lebih lanjut, dia juga menyampaikan, festival musik patrol yang digelar juga dapat dijadikan sebagai wadah kepada pegiat musik patrol untuk meningkatkan potensi dan kemampuan dalam mengembangkan musik patrol. Dan, acara festival musik patrol ini diikuti oleh 16 peserta yang terdiri 14 grup musik patrol dan 2 Orang partisipan.

Adapun pemenang dalam acara festival musik patrol kali ini adalah Juara I diraih oleh Grup Al Mirza Desa Selok Besuki, Juara II diraih oleh Grup Al Malanan Kelurahan Tompokersan, Juara III diraih oleh Grup Al Awwabin Kelurahan Citrodiwangsan, Juara Harapan I diraih oleh Grup Al Madinah Desa Boreng, Juara Harapan II diraih oleh Grup Sunan Kalijogo Desa Karangbendo, dan Juara Harapan III diraih oleh Grup RW 02 Kelurahan Rogotrunan. (Bag. Humas & Protokol, Kominfo-lmj)

05 Juli 2019   |   Dilihat 246 kali   |   Baca
PEMKAB. TUTUP OPERASIONAL TIMBANGAN PASIR PT. MUTIARA HALIM ......................................................................................................
01 Juli 2019   |   Dilihat 222 kali   |   Baca
PEMKAB LUMAJANG BERENCANA AKAN BENTUK BADAN USAHA MILIK PESANTREN ......................................................................................................
04 Juli 2019   |   Dilihat 207 kali   |   Baca
BUPATI LANTIK DAN KUKUHKAN 131 PEJABAT PIMPINAN TINGGI PRATAMA, ADMINISTRATOR, PENGAWAS DAN FUNGSIONAL ......................................................................................................
06 Juli 2019   |   Dilihat 160 kali   |   Baca
PEMKAB. BERLAKUKAN JADWAL BARU CFN DAN CFD ALUN - ALUN LUMAJANG ......................................................................................................
17 Juli 2019   |   Dilihat 144 kali   |   Baca
PEMKAB. - USAID IUWASH PLUS SIAPKAN ROADMAP SPALD-P ......................................................................................................