2018-10-25   |   Dilihat 144 kali
TINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT, PEMKAB GANDENG KINERJA-OGP DAN KOMPAK
Foto : Dok. Bag. Humas & Protokol-lmj
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang saat ini sedang berupaya untuk mewujudkan masyarakat Lumajang yang berdaya saing, makmur dan bermartabat melalui realisasi program-program pembangunan dan peningkatan pelayanan kepada publik.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) yang didampingi oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) saat berdiskusi dalam acara audiensi bersama Kinerja-OGP (Open Government Partnership) dan Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan Untuk Kesejahteraan (KOMPAK), bertempat di Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang, Kamis (25/10/2018) siang.

Bunda Indah juga menyampaikan, pemerintah daerah ingin mempermudah pelayanan dan mengurangi beban hidup masyarakat dengan cara meningkatkan pelayanan publik dan merealisasikan program-program pembangunan seperti menggratiskan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dan seragam sekolah, program persalinan gratis, kepengurusan administrasi kependudukan secara cepat dan program lainnya.

Lebih lanjut, dia juga menyampaikan bahwa dirinya menginginkan agar masyarakat merasa puas dengan pelayanan yang diberikan pemerintah. "Saya akan merasa puas, jika masyarakat merasa puas dengan pelayanan yang kita berikan," ujarnya.

“Untuk itu, dengan terjalinnya sinergitas yang baik antara pemerintah daerah dengan Kinerja-OGP dan KOMPAK, Saya berharap dapat membuat terobosan dan inovasi pelayanan publik untuk mengatasi permasalahan yang ada di Kabupaten Lumajang," jelasnya.

Bunda Indah juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada KOMPAK dan Kinerja-OGP, karena selama ini telah banyak upaya yang telah dilakukan dalam membantu merealisasikan program-program pembangunan pemerintah.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Bidang Sosial dan Budaya pada Bappeda Kabupaten Lumajang Endhi Setyo menyampaikan bahwa kedua lembaga tersebut telah banyak membantu kinerja pemerintah daerah dalam bidang pemberdayaan masyarakat, penurunan angka kemiskinan maupun penurunan angka pernikahan usia dini di Kabupaten Lumajang.

Lebih lanjut, dia juga mengatakan bahwa saat ini Pemkab Lumajang memiliki target untuk menurunkan angka kemiskinan hingga satu digit. "Target kami ke depan adalah menurunkan angka kemiskinan hingga satu digit. Untuk itu, Kami membutuhkan dukungan dari KOMPAK dan Kinerja-OGP, " katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Perwakilan dari Kinerja-OGP Dina Limanto menjelaskan bahwa program Kinerja-OGP adalah fokus untuk menurunkan angka pernikahan usia dini dan kenakalan remaja. Oleh karena itu, KINERJA-OGP membuat rancangan dashboard untuk menekan angka pernikahan usia dini.

"Rancangan Dashboard ini nantinya dapat dijadikan sebagai acuan oleh para pengambil kebijakan untuk mendapatkan data real, sehingga akan dapat membuat kebijakan yang tepat untuk mendukung penurunan angka pernikahan usia dini di Kabupaten Lumajang," jelasnya.

Sementara itu, Perwakilan dari KOMPAK Tyas Budi (Pak Bob) juga menjelaskan bahwa program KOMPAK adalah untuk mendukung pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan.

Dirinya berharap dengan program kinerja yang telah dilakukan dapat membantu dan mendukung program-program Pemkab Lumajang dalam menanggulangi kemiskinan, sehingga masyarakat miskin dan rentan dapat menerima manfaat dari pelayanan dasar yang diberikan pemerintah. (Bag. Humas & Protokol, Kominfo-lmj)
19 November 2019   |   Dilihat 272 kali   |   Baca
RALAT SURAT PENGUMUMAN PENERIMAAN CPNS 2019 PEMKAB LUMAJANG DITERBITKAN ......................................................................................................
09 November 2019   |   Dilihat 176 kali   |   Baca
LUMAJANG RAIH PLATINUM DALAM INDOHCF INNOVATION AWARDS III ......................................................................................................
04 November 2019   |   Dilihat 171 kali   |   Baca
KEPALA OPD HARUS PAHAMI TUPOKSI DAN PROGRAM KERJANYA ......................................................................................................
11 November 2019   |   Dilihat 161 kali   |   Baca
PUSTAKAWAN DESA DI LUMAJANG MENDAPAT BIMTEK PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN ......................................................................................................
07 November 2019   |   Dilihat 160 kali   |   Baca
BUPATI DAN WABUP BUKA FESTIVAL PAK MA'AJEH PERDANA ......................................................................................................