2018-10-28   |   Dilihat 200 kali
MAKNAI HSP KE-90 DI RANU KUMBOLO, PEMUDA DIHARAPKAN JAGA NKRI
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018 diharapkan agar generasi muda mampu berkiprah untuk merawat kebhinekaan dan tetap teguh mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal tersebut disampaikan oleh Pasi Ops Kodim 0821 Lumajang Kapten Arh Siswoto saat bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018 yang membacakan amanat dari Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi, bertempat di Objek Wisata Alam Ranu Kumbolo Kabupaten Lumajang, Minggu (28/10/2018).

Siswoto juga menyampaikan bahwa Momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-90 tahun ini mengambil tema sentral "Bangun Pemuda Satukan Indonesia". Tema besar ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang mampu berkiprah pada zamannya, merawat kebhinekaan, dan tetap teguh mempertahankan NKRI.

"Kita semua berhutang budi kepada para tokoh pemuda 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda, sehingga menjadi pelopor untuk terus membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini," demikian cuplikan pidato Menpora yang dibacakan Inspektur Upacara.

Menpora meminta agar pemuda menghindari gesekan-gesekan yang melemahkan persatuan, pemuda harus mampu keluar dari jebakan primordialisme, pemuda harus bangkit terus dengan hal-hal positif dan kreatif.

"Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, gagasan, tekad, dan cita-cita, pengorbananmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia. Ayo, bangun pemuda satukan Indonesia," pesan akhir Menpora.

Disamping itu, Siswoto juga menyampaikan bahwa kegiatan Ekspedisi Ranu Kumbolo yang menyelenggarakan upacara Hari Sumpah Pemuda di Objek Wisata Alam Ranu Kumbolo ini rutin digelar untuk setiap tahunnya. Dan, momentum saat ini adalah upacara Hari Sumpah Pemuda ke-5 yang dilaksanaan di Ranu Kumbolo.

“Dalam Ekspedisi Ranu Kumbolo ini, tidak hanya dilakukan kegiatan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda saja, tetapi juga membawa misi untuk memperkenalkan keindahan panorama alam Ranu Kumbolo kepada masyarakat luas,” katanya.

Upacara diikuti oleh kurang lebih 500 peserta yang terdiri dari Aparatur Pemerintah, TNI, Polri, sejumlah Awak Media, Perwakilan Kampus, Sekolah, Pencinta Alam (PA), dan organisasi kepemudaan di Kabupaten Lumajang serta peserta yang dikoordinir oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). (Kominfo-lmj)

19 November 2019   |   Dilihat 272 kali   |   Baca
RALAT SURAT PENGUMUMAN PENERIMAAN CPNS 2019 PEMKAB LUMAJANG DITERBITKAN ......................................................................................................
09 November 2019   |   Dilihat 176 kali   |   Baca
LUMAJANG RAIH PLATINUM DALAM INDOHCF INNOVATION AWARDS III ......................................................................................................
04 November 2019   |   Dilihat 171 kali   |   Baca
KEPALA OPD HARUS PAHAMI TUPOKSI DAN PROGRAM KERJANYA ......................................................................................................
11 November 2019   |   Dilihat 161 kali   |   Baca
PUSTAKAWAN DESA DI LUMAJANG MENDAPAT BIMTEK PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN ......................................................................................................
07 November 2019   |   Dilihat 160 kali   |   Baca
BUPATI DAN WABUP BUKA FESTIVAL PAK MA'AJEH PERDANA ......................................................................................................