2019-03-04   |   Dilihat 133 kali
WABUP MINTA DINKES SEGERA SUSUN DRAF REGULASI PENANGANAN TUBERCULOSIS DI LUMAJANG
Foto : Dok. Bag. Humas & Protokol-lmj

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) meminta agar Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, segera menyusun draf regulasi tentang Penanganan penyakit Tuberculosis (TB) yang bekerja sama dengan SSR Aisyiah Lumajang.

Hal tersebut disampaikan dalam diskusinya saat beraudiensi dengan Komunitas TB Human Immunodeficiency Virus (HIV) Care SSR Aisyiah Lumajang, di Ruang Rapat Mahameru Kantor Bupati Lumajang, Senin (4/3/2019) siang.

Bunda Indah juga menyampaikan, bahwa pihaknya mengucapkan terima kasih terhadap upaya yang telah dilakukan oleh Komunitas TB HIV Care SSR Aisyiah Lumajang selama ini. "Saya selaku Wakil dari Pemkab (Pemerintah Kabupaten, red) Lumajang, tentu harus mengucapkan terima kasih, sebab dengan adanya peran dari Komunitas TB HIV Care SSR Aisyiah Lumajang, maka Pemerintah Daerah akan bisa lebih cepat melakukan penanganan, karena ada pihak yang membantu", ujarnya.

Menurutnya, permasalahan Tuberculosis harus dilakukan penanganan secara cepat dan tepat, karena banyak masyarakat yang masih kurang paham terkait Tuberculosis. Oleh karena itu, upaya penanganan kesehatan jemput bola dengan mencari penderita Tuberculosis sangat tepat untuk mengantisipasi penularan TB yang semakin luas.

"Langkah ini semakin cepat, semakin dicari ya semakin ditemukan, ini akan jadi motivasi juga bagi Pemerintah Daerah. Dan, saya sangat mengapresiasi upaya ini", ujar Bunda Indah.

Sementara itu, Ketua TB HIV Care Aisyiah SSR Kabupaten Lumajang Aini Mardiana mengungkapkan, pihaknya sampai saat ini telah melakukan konsolidasi dan koordinasi dengan beberapa organisasi masyarakat, dan beberapa Instansi Pemerintah Daerah. Dan, kehadiran TB HIV Care Aisyiah SSR Lumajang ini adalah turut membantu Pemerintah Daerah dalam menyelesaikan permasalahan kesehatan umat.

Sementara, salah satu anggota TB HIV Care Aisyiah SSR Kabupaten Lumajang Said Romi juga mengungkapkan, bahwa tujuan TB HIV Care Aisyiah SSR Lumajang adalah membantu Pemerintah Daerah untuk menemukan orang yang terindikasi penyakit TB.

“Setelah kami menemukan orang yang terindikasi, kemudian kami akan segera berkoordinasi untuk melakukan penanganan, sehingga penularannya akan bisa dicegah lebih awal. Selain memberikan penanganan, kami juga memberikan pemahaman kepada masyarakat agar bisa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pencegahan penyakit TB”, ungkapnya.

Said juga melaporkan, bahwa di tahun 2018, TB HIV Care Aisyiah SSR Lumajang telah melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap 980 orang, dan 179 diantaranya dinyatakan positif TB. “Kami berharap dengan adanya koordinasi yang baik dengan Pemerintah Daerah, dan partisipasi masyarakat dalam pencegahan dan penanganan penyakit TB ini lebih optimal”, harapnya. (Bag. Humas & Protokol, Kominfo-lmj)

05 April 2019   |   Dilihat 165 kali   |   Baca
BUPATI BERENCANA GANDENG PERUSAHAAN OUTSOURCING UNTUK TINGKATKAN KEBERSIHAN PUSKESMAS ......................................................................................................
17 April 2019   |   Dilihat 130 kali   |   Baca
BUPATI DAN WAKIL BUPATI BERKELILING PANTAU PROSES PEMUNGUTAN SUARA ......................................................................................................
01 April 2019   |   Dilihat 111 kali   |   Baca
PJ. SEKDA IMBAU AGAR PEJABAT SEGERA SESUAIKAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB BARUNYA ......................................................................................................
03 April 2019   |   Dilihat 103 kali   |   Baca
BUPATI INGIN PCNU BERSINERGI DENGAN PEMDA DALAM PELAYANAN KESEHATAN BAGI MASYARAKAT LUMAJANG ......................................................................................................
02 April 2019   |   Dilihat 93 kali   |   Baca
BUPATI HADIRI ACARA SINAU BARENG CAK NUN DAN KIAI KANJENG ......................................................................................................