2019-03-15   |   Dilihat 56 kali
PERINGATI HPSN 2019, WABUP APRESIASI PENGELOLAAN SAMPAH DI LUMAJANG
Foto : Dok. Bag. Humas & Protokol-lmj

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) menyampaikan, pihaknya merasa bangga dan memberikan apresiasi perihal pengelolaan sampah di Kabupaten Lumajang yang telah semakin baik. Hal tersebut disampaikan dalam arahannya saat memimpin kegiatan Apel peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019, bertempat di Depan Pasar Baru Lumajang, Jumat (15/03/2019) pagi.

Bunda Indah juga menyampaikan bahwa selain membersihkan sampah, para peserta Apel HPSN juga diminta untuk mencabut semua paku yang ditancapkan di pohon-pohon yang ada. Menurutnya, sebagai sesama makhluk hidup, seharusnya saling menjaga dan memelihara. "Pohon itu jangan disakiti dengan menancapkan paku-paku", katanya.

"Jika ada pohon yang akan tumbang, agar tidak membahayakan, maka kita harus segera melakukan peremajaan kembali", imbuhnya. Hal ini harus terus disosialisasikan kepada masyarakat, karena 1 pohon berkontribusi menyumbang oksigen untuk 2 orang.

Disamping itu, Bunda Indah juga mengungkapkan bahwa saat ini, di Kabupaten Lumajang telah memiliki bank sampah sebagai tempat untuk pengelolaan sampah jenis organik dan anorganik yang dikelola oleh masyarakat.

“Untuk itu, saya mengimbau agar masyarakat yang mempunyai sampah anorganik bisa menyetorkan sampahnya ke bank sampah untuk didaur ulang. Nantinya, hasil daur ulang tersebut akan dijual kembali oleh bank sampah, dan bisa memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat yang menyetorkan sampahnya”, ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bunda Indah mengatakan bahwa saat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang bertekad untuk menyelamatkan lingkungan, karena sekitar 50 mata air di Lumajang mulai mengecil alirannya, dan ada yang telah mati.

"Untuk itu, Mari kita cintai, rawat, dan pelihara lingkungan. Karena dia, kita hidup di bumi. Jangan asal tebang pohon, jangan rusak tanaman, dan bersihkan sampah", katanya.

Dalam momentum peringatan HPSN tahun 2019 ini, Bunda Indah juga berkesempatan menyerahkan piagam penghargaan kepada sejumlah pengelola bank sampah, dan sejumlah Sekolah Adiwiyata tingkat SMP di Kabupaten Lumajang.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang Yos Sudarso dalam laporannya menyampaikan, bahwa tujuan dari kegiatan peringatan HPSN tahun 2019 adalah sebagai upaya mengelola lingkungan hidup, sehingga menjadi lingkungan yang bersih, sehat, hijau, dan asri.

Lebih lanjut, dia juga menyampaikan, serangkaian acara peringatan HPSN 2019 yang digelar oleh Pemkab Lumajang, diantaranya pameran daur ulang sampah, pameran bunga dan penanaman 1000 anggrek ekor tupai dari komunitas pecinta bunga 'Puspa Semeru'.

“Untuk area kegiatan kerja bakti dan pencabutan paku, adalah di sepanjang Jalan Ahmad Yani hingga Pasar Baru Lumajang. Sedangkan, penanaman 1.000 tanaman bunga anggrek tupai dilakukan di Alun-alun Lumajang”, katanya.

Kegiatan Apel HPSN 2019 ini dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lumajang, dan dan diikuti oleh 1.000 porang peserta yang terdiri dari jajaran lintas sektor, Mahasiswa, dan siswa-siswi sekolah di sekitar pusat kota Lumajang. (Kominfo-lmj)

14 Maret 2019   |   Dilihat 1259 kali   |   Baca
SI PERLU JUGA AKAN DITERAPKAN UNTUK TENAGA NON PNS ......................................................................................................
01 Maret 2019   |   Dilihat 126 kali   |   Baca
BUPATI LUMAJANG PIMPIN APEL PEMBUKAAAN JAMBORE DTD ......................................................................................................
04 Maret 2019   |   Dilihat 116 kali   |   Baca
WABUP MINTA DINKES SEGERA SUSUN DRAF REGULASI PENANGANAN TUBERCULOSIS DI LUMAJANG ......................................................................................................
18 Maret 2019   |   Dilihat 106 kali   |   Baca
INGIN WARGANYA SEHAT, PEMKAB LUMAJANG PERCEPAT ODF ......................................................................................................
18 Maret 2019   |   Dilihat 102 kali   |   Baca
PEMKAB SELENGGARAKAN WORKSHOP KESIAPAN RUJUKAN IGD-UGD MODERN ......................................................................................................