2018-12-19   |   Dilihat 109 kali
WABUP LUMAJANG SAMPAIKAN PENTINGNYA PERLINDUNGAN JAMINAN SOSIAL BAGI PEKERJA
Foto : Dok. Bag. Humas & Protokol-lmj

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) mengatakan bahwa program perlindungan dan jaminan sosial sangat penting bagi pengusaha maupun tenaga kerja, untuk memberikan rasa aman atas risiko kecelakaan yang terjadi saat bekerja.

Hal tersebut dikatakannya saat menghadiri kegiatan Forum Group Discussion (FGD) antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), bertempat di Hall Arjuna Hotel Gajah Mada Lumajang, Rabu (19/12/2018) siang.

Bunda Indah juga mengatakan bahwa FGD ini membahas perancangan Peraturan Bupati Lumajang tentang Pedoman Pelaksanaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi non Aparatur Sipil Negara (ASN), Perangkat Desa, Jasa Konstruksi dan Pekerja bukan penerima upah.

FGD itu, dikatakan Bunda Indah, mengambil tema “Perlindungan Paripurna bagi seluruh Pekerja di Kabupaten Lumajang, untuk mendukung terwujudnya masyarakat Lumajang yang berdaya saing, makmur dan bermartabat”.

“Perlindungan dan jaminan sosial sangat penting bagi pengusaha maupun tenaga kerjanya. Hal ini dikarenakan para pekerja akan merasa lebih aman atas risiko yang mungkin terjadi saat bekerja diantaranya, kecelakaan kerja, kematian, jaminan hari tua maupun pensiun,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Bunda Indah juga menyampaikan, sesuai dengan amanat UU Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, menyebutkan bahwa peran Pemerintah Daerah (Pemda) diharapkan hadir dalam upaya meningkatkan kualitas program JKN-KIS, serta secara aktif dan bertanggung jawab untuk kesuksesan program JKN-KIS yang berkesinambungan untuk kesejahteraan masyarakat.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada BPJS. Mudah-mudahan kerja sama BPJS dengan Pemda dapat memberikan manfaat untuk masyarakat banyak, karena kegiatan ini merupakan kegiatan sosial yang memberikan perlindungan. Dan, semoga kerja sama ini bisa terus ditingkatkan,” ujarnya.

Sementara itu, Pimpinan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jember Dwi Endah Aprilistiani menjelaskan, FGD ini bertujuan untuk merancang Peraturan Bupati Lumajang yang mengatur tentang pelaksanaan BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten Lumajang.

Selain itu, dijelaskan Dwi Endah, FGD ini juga bertujuan untuk menerbitkan Surat Keputusan (SK) Bupati Lumajang tentang Tim Kepatuhan Pelaksanaan BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten Lumajang.

"Kami BPJS Ketenagakerjaan yang ada di Kabupaten Lumajang tidak bisa berdiri sendiri, sebagai mitra kami harus bersinergi Pemkab Lumajang untuk mengalihkan resiko-resiko masyarakat pekerja," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Pemkab Lumajang menerima Piagam penghargaan dari BPJS Ketenagakerjaan atas peran aktif dan kepeduliannya terhadap perlindungan pegawai pemerintah bukan ASN dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan. (Bag. Humas & Protokol, Kominfo-lmj)

05 September 2019   |   Dilihat 237 kali   |   Baca
PROGRAM KOTAKU, MEMBANGUN NEGERI DARI LORONG SEMPIT ......................................................................................................
04 September 2019   |   Dilihat 94 kali   |   Baca
ANAK LUMAJANG, BERANI JUJUR ITU HEBAT ......................................................................................................
03 September 2019   |   Dilihat 93 kali   |   Baca
KEMAJUAN DAN KEKUATAN PEREKONOMIAN INDONESIA HARUS DITOPANG DENGAN PERILAKU ANTI KORUPSI ......................................................................................................
01 September 2019   |   Dilihat 81 kali   |   Baca
PJ. SEKDA KAGUM DENGAN KEMERIAHAN PERINGATAN TAHUN BARU ISLAM DI KLANTING ......................................................................................................
02 September 2019   |   Dilihat 78 kali   |   Baca
LUMAJANG MENJADI TITIK KE 20 ROADSHOW BUS KPK 2019 ......................................................................................................