2018-12-23   |   Dilihat 63 kali
ATASI BANJIR, PEMKAB LUMAJANG SEGERA KOORDINASI DENGAN PEMPROV JATIM
Foto : Dok. Bag. Humas & Protokol-lmj

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang akan segera melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Provinsi Jawa Timur, untuk dilakukan upaya perbaikan pada tanggul sungai jebol yang menyebabkan banjir di Dusun Genitri.

Hal tersebut dikatakannya saat meninjau lokasi banjir bersama Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) dan Dandim 0821 Lumajang Letkol Inf. Ahmad Fauzi, S.E., beserta jajarannya di Dusun Genitri Kidul Desa Rowokangkung Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang, Minggu (23/12/2018) sore.

Menurut Cak Thoriq, banjir tersebut diakibatkan karena hujan intesitas sedang-deras yang terjadi di wilayah Kabupaten Lumajang, sehingga mengakibatkan terjadinya peningkatan debit air yang cukup signifikan di DAM Jatiroto yang mencapai  tinggi muka air (TMA) 250 cm dan membuat tanggul sungai jebol di Dusun Genitri.

"Air Bah mulai memasuki halaman rumah di Dusun Persil Banter Desa Rowokangkung dan pemukiman Genitri Kidul bagian selatan pada Minggu dini hari. Dan, sampai saat ini, wilayah yang terkena dampak hujan deras ini adalah Dusun Persil Banter dan Dusun Genitri Desa Rowokangkung, serta Dusun Wungurejo dan Dusun Penggung Kidul Desa Sidorejo," katanya.

Disamping itu, Bunda Indah juga mengungkapkan, bahwa banjir kali ini lebih parah dari tahun yang lalu. Ia berharap segera dilakukan penanganan dari Pemerintah Provinsi terkait banjir tersebut.

"Penyakitnya sudah ketahuan ya, hanya perlu penanganan oleh Pemerintah Provinsi Jatim, karena ini merupakan aset Provinsi. Dan, kalau ini tidak segera ditangani, maka Pak Bupati akan segera melakukan MoU dengan Gubernur Jatim," ungkapnya.

Bunda Indah menambahkan bahwa sebagai reaksi cepat, Pemerintah Daerah akan berkerja sama dengan pihak TNI untuk mencari solusi terkait banjir tersebut, serta upaya darurat yang sudah dilakukan oleh BPBD yaitu, membuka posko siaga bencana banjir dan dapur umum di Balai Desa Rowokangkung.

Sementara itu, Dandim 0821 Lumajang menyampaikan, bahwa pihaknya akan segera mengantisipasi terkait masalah banjir yang melanda pemukiman warga di Kecamatan Rowokangkung.

"Saya mendapatkan perintah secara langsung untuk mengantisipasi ini. Untuk itu, saya memerintahkan jajaran Kodim 0821 Lumajang untuk selalu waspada apabila ada kejadian seperti ini, cepat ditangani dan segera berkoordinasi dengan BPBD dan Pemerintah Daerah," ujarnya.

Sementara, sesuai data dari BPBD Kabupaten Lumajang, ada sejumlah bantuan yang telah diberikan kepada masyarakat terdampak, yakni sebanyak 1.900 nasi bungkus, 60 dus air mineral, 130 dus mie instan, 18 liter minyak goreng, 125 kilogram beras, 25 bungkus mie keriting dan 9 kilogram gula dari Pemerintah Daerah dan Pabrik Gula Jatiroto Lumajang. (Bag. Humas & Protokol, Kominfo-lmj)

02 Mei 2020   |   Dilihat 688 kali   |   Baca
WARGA TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 DI LUMAJANG MENJADI 23 ......................................................................................................
18 Mei 2020   |   Dilihat 384 kali   |   Baca
BUPATI MENGKLARIFIKASI DAN EVALUASI TERKAIT RAMAINYA PEMBELI DI PERTOKOAN SAAT MENJELANG HARI RAYA IDUL FITRI ......................................................................................................
09 Mei 2020   |   Dilihat 373 kali   |   Baca
29.008 KK DI LUMAJANG BAKAL TERIMA BANSOS TUNAI KEMENSOS RI ......................................................................................................
12 Mei 2020   |   Dilihat 362 kali   |   Baca
PANDEMI COVID-19, KABUPATEN LUMAJANG DAPAT TAMBAHAN PERLUASAN PROGRAM SEMBAKO 32.139 KPM ......................................................................................................
09 Mei 2020   |   Dilihat 335 kali   |   Baca
SATU PASIEN POSITIF CORONA DAN TIGA PASIEN POSITIF CORONA DINYATAKAN SEMBUH ......................................................................................................