2018-12-26   |   Dilihat 114 kali
PRAMUKA BENTUK JIWA KEPEMIMPINAN GENERASI BANGSA
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (Cak Thoriq) selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Lumajang mengungkapkan bahwa Pramuka menjadi bagian dari proses pembentukan jiwa kepimpinannya. Melalui berbagai kegiatan kepramukaan, menurutnya generasi penerus bangsa ditempa menjadi generasi masa depan yang unggul.

Hal itu disampaikan Cak Thoriq saat membuka Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Lumajang di Aula Warung Apung Pondok Asri Sukodono, Rabu (26/12/2018).

"Mengobati rasa kangen saya terhadap Pramuka, saya aktivis Pramuka mulai Penggalang, Penegak hingga Pandega. Saya bangga, Pramuka harus diajarkan dalam proses pendidikan di Indonesia, Siapapun yang pernah ikut gerakan Pramuka, saya yakin memiliki karakter yang luar biasa, memiliki karakter sosial yang dibutuhkan masyarakat, hidup kami, karakter kami dibangun melalui gerakan Pramuka," ungkapnya bangga.

Dalam kesempatan tersebut, Cak Thoriq berharap kegiatan Pramuka dapat mengembalikan anak agar dapat tumbuh berkembang sesuai kodratnya. Hal itu mengingat kemajuan teknologi yang membuat orang mulai ketergantungan terhadap gadget. Cak Thoriq berharap gerakan Pramuka dapat mengembalikan hak anak untuk bermain dan belajar melalui kegiatan yang menarik dan inovatif.

"Saya berharap Pramuka menjadi solusi agar anak- anak kita tidak ketergantungan dengan gadget tidak ketergantungan HP, yang efeknya egoisme, induvidualis, dan berdampak tidak baik untuk anak. Begitu kakak kakak memiliki program yang menarik, saya harap ini bisa meminimalisir hal tersebut," harap Cak Thoriq.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Dewasa (Wakabinawasa) Kwartir Daerah  (Kwarda) Prov. Jatim, AR Purmadi menyampaikan rasa bangganya kepada Gerakan Pramuka Lumajang. Ia mengungkapkan, Gerakan Pramuka Lumajang menjadi penopang Gerakan Pramuka di Jawa Timur sehingga Pramuka Jatim menjadi barometer Pramuka Nasional.

"Rupanya tidak salah tema kegiatan ini Pramuka Lumajang Hebat, karena Kabupaten Lumajang dipimpin oleh generasi milenial, insya Allah selama 5 tahun kedepan Lumajang akan semakin hebat. Saya rasa tanpa Lumajang, Pramuka Jawa Timur belum mampu menjadi barometer Pramuka Nasional," ungkapnya.

Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) Pramuka Lumajang , Asep Bambang menyampaikan terima kasih kepada Pemkab. Lumajang atas dukungannya terhadap Gerakan Pramuka di Lumajang. Ia menjelaskan bahwa dalam Musyawarah Cabang ini, nantinya juga akan dimusyawarahkan Kakwarcab Lumajang periode 2018-2023.

"Pramuka sangat dibantu dan didukung, kegiatan - kegiatan Pramuka bisa ditopang atas dukungan Pemerintah Kabupaten Lumajang," ujarnya.

Ketua Panitia, Muhammad Taufik menjelaskan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 21 Kwartir Ranting. Agenda kegiatan dalam Muscab Gerakan Pramuka Lumajang Tahun yakni pembahasan program strategis dan arah kebijakan selama 5 tahun kedepan. (Kominfo-lmj)

09 Oktober 2019   |   Dilihat 256 kali   |   Baca
PJ. SEKDA : PENERIMAAN CPNS AKHIR OKTOBER ......................................................................................................
04 Oktober 2019   |   Dilihat 234 kali   |   Baca
PANSEL TETAPKAN EMPAT PESERTA LULUS SELEKSI ADMINISTRASI JABATAN SEKDA LUMAJANG ......................................................................................................
09 Oktober 2019   |   Dilihat 189 kali   |   Baca
TENAGA NON PNS DIHARAPKAN TINGKATKAN PROFESIONALITAS DAN KUALITAS KINERJA ......................................................................................................
04 Oktober 2019   |   Dilihat 171 kali   |   Baca
FORMASI BARU, TITIK BALIK KEBANGKITAN SEMERU FC LUMAJANG ......................................................................................................
01 Oktober 2019   |   Dilihat 150 kali   |   Baca
PANCASILA SEBAGAI DASAR PENGUATAN KARAKTER BANGSA MENUJU INDONESIA MAJU DAN BAHAGIA ......................................................................................................