2019-01-25   |   Dilihat 131 kali
PEMKAB AKAN BANGUN WISATA EDUKASI PRAMUKA DI LUMAJANG
Foto : Dok. Bag. Humas & Protokol-lmj

Saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang sedang mencari sebuah lokasi wisata Pramuka, yang nantinya akan dikelola oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) untuk wisata edukasi di Kabupaten Lumajang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) saat acara pelantikan pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), Kwartir Cabang (Kwarcab), Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK), dan Dewan Kerja Cabang (DKC) Lumajang Masa Bakti 2019-2023 oleh Ketua Kwarda (Kwartir Daerah) Gerakan Pramuka Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul), bertempat di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Jumat (25/1/2019).

"Di Lumajang ini ada beberapa tempat yang bisa kita kerja samakan dengan pihak Perhutani, tinggal lokasinya yang kita tentukan. Dan, lokasi itu nanti akan digunakan sebagai lokasi wisata pramuka. Jadi, keluarga yang ingin berkemah dengan keluarganya akan kami fasilitasi dan akan dikelola oleh kakak - kakak pramuka," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Cak Thoriq selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Lumajang  mengaku bangga atas segala prestasi yang berhasil diukir oleh gerakan pramuka Lumajang. Ia berharap agar kepengurusan Kwarcab yang baru dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasi tersebut.

Disamping itu, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) selaku Ketua Kwarcab Lumajang juga mengatakan bahwa isu yang selama ini dihadapi masyarakat adalah globalisasi, kemajuan informasi dan teknologi, serta penurunan tata nilai dan rasa gotong royong masyarakat, serta invidualisme.

Selain itu, dikatakan Bunda Indah, minat remaja saat ini terhadap gerakan pramuka juga menurun. Untuk itu, Ia berharap agar ke depan gerakan pramuka juga harus kekinian dan inovatif, sehingga bisa membentuk karakter pribadi yang kuat dan menarik minat remaja.

"Potensi pramuka di Lumajang ini sangat kuat dengan anggotanya yang berjumlah sekitar 62.000 orang anggota, 2.000 gudep (gugus depan, red), 21 Kwarran (Kwartir Ranting, red), dan prestasi lainnya untuk mengembangkan perahu pramuka kita", tegasnya.

Bunda Indah menambahkan bahwa di tahun ini Pramuka Lumajang mendapatkan dana hibah dari Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui APBD 2019. Dan, dana tersebut berupa Gedung Kesekretariatan Pramuka, sanggar Pramuka dan kendaraan operasional.

"Saya ingin pramuka di Lumajang mandiri dan jadi lembaga terpercaya dalam pembinaan generasi muda. Saya tahun ini bersama kakak-kakak pengurus akan membuka kedai pramuka. Kedai itu warung yang akan menjual alat-alat kelengkapan pramuka dan di lantai dua dibuat kafe kopi," imbuhnya.

Sementara itu, Gus Ipul menyampaikan bahwa dirinya sangat mengapresiasi dengan upaya dari Pemerintah Daerah untuk membangun sebuah wisata edukasi bagi generasi muda. Dan, pengelolaaanya akan dilakukan oleh Pramuka Kwartir Cabang Lumajang.

Lebih lanjut, dia juga menyampaikan, Pramuka ini adalah organisasi pendidik. Untuk itu, pramuka harus terlibat aktif dalam peningkatan kualitas sumberdaya manusia (SDM), khususnya antara rumah dan sekolah.

"Ke depan, Saya mengajak pengurus Pramuka untuk menempa diri agar lebih siap terhadap tantangan kedepan karena bukan hal yang ringan. Dan, Pramuka juga ditugaskan untuk ikut terlibat dalam memperkuat karakter adik-adiknya, " katanya.

Adapun dalam pelantikan pengurus ini, berdasarkan Surat Keputusan dari Ketua Kwartir Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 16 Tahun 2019 Tentang Susunan Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Lumajang Masa Bakti 2019-2023, disebutkan bahwa Bupati Lumajang sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang, Wakil Bupati Lumajang sebagai Ketua Kwartir Cabang, dan Sekretaris Daerah sebagai Sekretaris Kwartir Cabang yang sekaligus merangkap anggota. (Kominfo-lmj)

02 Mei 2020   |   Dilihat 688 kali   |   Baca
WARGA TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 DI LUMAJANG MENJADI 23 ......................................................................................................
18 Mei 2020   |   Dilihat 384 kali   |   Baca
BUPATI MENGKLARIFIKASI DAN EVALUASI TERKAIT RAMAINYA PEMBELI DI PERTOKOAN SAAT MENJELANG HARI RAYA IDUL FITRI ......................................................................................................
09 Mei 2020   |   Dilihat 373 kali   |   Baca
29.008 KK DI LUMAJANG BAKAL TERIMA BANSOS TUNAI KEMENSOS RI ......................................................................................................
12 Mei 2020   |   Dilihat 362 kali   |   Baca
PANDEMI COVID-19, KABUPATEN LUMAJANG DAPAT TAMBAHAN PERLUASAN PROGRAM SEMBAKO 32.139 KPM ......................................................................................................
09 Mei 2020   |   Dilihat 335 kali   |   Baca
SATU PASIEN POSITIF CORONA DAN TIGA PASIEN POSITIF CORONA DINYATAKAN SEMBUH ......................................................................................................