2019-02-07   |   Dilihat 65 kali
MOMEN HPN, 5 BULAN PEMERINTAHAN BUPATI DAN WABUP DIBEDAH
Foto : Dok. Bag. Humas & Protokol-lmj

Bupati dan Wakil Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (Cak Thoriq) dan Indah Amperawati (Bunda Indah) memaparkan capaian kerja selama 5 bulan kepemimpinannya dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang digelar di Pendopo, Kamis (07/02/2019). Peringatan HPN 2019 tersebut dikemas dalam Diskusi Publik dengan Forum Komunikasi Wartawan Lumajang (FKWL) dengan tema "Membedah 5 Bulan Pemerintahan Cak Thoriq dan Bunda Indah".

Dalam diskusi tersebut,  Cak Thoriq menyampaikan bahwa apa yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Lumajang selama 5 bulan pemerintahannya bukan hanya sekedar untuk dinilai melainkan sebagai bentuk tanggung jawab agar perbaikan dan percepatan pelayanan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Banyak hal pelayanan yang mulai dapat dirasakan perubahannya oleh masyarakat, seperti pelayanan kependudukan, program melahirkan gratis, revolusi birokrasi, program SPP gratis dan berbagai pelayanan lain.

Bahkan, untuk memastikan pemerintahannya berjalan dengan baik atau tidak, Bupati dan Wabup tak segan turun langsung  bagaimana kondisi nyata di lapangan. "Pemimpin yang bagus adalah pemimpin yang mempunyai visi dalam percepatan untuk bertindak," ujarnya.

Cak Thoriq juga menjelaskan, bahwa Pemkab. Lumajang bersama Polres dan TNI terus berusaha mengurai satu persatu permasalahan yang terjadi di Kabupaten Lumajang. "Untuk permasalahan tambang pasir, kami telah merencanakan jalur atau jalan baru tambang pasir, yang nantinya jalan tersebut tidak akan melalui kawasan yang padat penduduk," tambahnya.

Sementara itu, Bunda Indah mengatakan inti yang dilakukan pemerintahannya bersama Cak Thoriq adalah mewujudkan harapan masyarakat yakni menghadirkan pelayanan yang baik dan cepat. Untuk itu, ia berharap jajaran ASN dapat memberikan pelayanan dengan baik. "Saya berharap sidak-sidak yang dilakukan dapat mengubah pola pikir dan mental aparatur," harapnya.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa pemerintahannya saat ini akan terus mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kab. Lumajang. Bunda Indah juga menjelaskan salah satu program pemerintahannya tidak lagi melakukan reformasi birokrasi namun revolusi birokrasi. Menurutnya perubahan mental dan pola pikir ASN yang lebih baik akan berimplikasi terhadap percepatan perbaikan pelayanan kepada masyarakat.

"Pimpinan OPD dan semua jajaran harus segera berbenah agar dapat mengikuti ritme kinerja Bupati dan Wakil Bupati Lumajang," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Lumajang, AKBP Muhammad Arsal Sahban mengungkapkan bahwa Polres Lumajang berada urutan No. 5 se-Indonesia mengenai tingkat Kepuasan Masyarakat. Lumajang juga berhasil mendudukan posisi 3 se-Indonesia pada tingkat kepercayaan masyarakat.

Namun diakui AKBP Arsal Sahban dirinya tak berpuas diri. Jajarannya bersama Pemkab Lumajang berkomitmen terus memperbaiki persepsi masyarakat luar tentang tindak kejahatan, khususnya begal motor dan pencurian sapi yang menjadi perhatian publik. Ia akan lebih fokus pada penanganan  begal, pencurian sapi dan konflik horisontal, akibat tambang pasir agar kondisi aman dan nyaman dapat dirasakan nyata oleh masyarakat.

Senada dengan hal itu, Kasdim 0821 Lumajang, Mayor Inf. Irawan Setyadi  mewakili Komandan Kodim 0821 Lumajang, Letkol Inf. Ahmad Fauzi mengatakan bahwa TNI komitmen meningkatkan sinergisitas  dengan Pemerintah Daerah dalam bidang Ketahanan Pangan, Kesehatan, Keamanan, Penanganan Bencana Alam dan Pembangunan di Kabupaten Lumajang.

Ketua Forum Komunikasi Wartawan Lumajang (FKWL), Ahmad Arif, melaporkan bahwa tujuan Diskusi Publik itu  untuk memberikan kontribusi, pemikiran, ide dan gagasan, sebagai support media dalam kepemimpinan Cak Thoriq dan Bunda Indah. "Saya berharap ide dan gagasan tersebut menjadi motivasi dalam mengambil kebijakan untuk program-program yang akan dicapai di Kabupaten Lumajang," harapnya. (Bag. Humas & Protokol, Kominfo-lmj)

10 Februari 2019   |   Dilihat 622 kali   |   Baca
BUPATI LAUNCHING DESA ROBOTIK DI YOSOWILANGUN LOR ......................................................................................................
06 Februari 2019   |   Dilihat 542 kali   |   Baca
KABUPATEN LUMAJANG KEMBALI TERIMA PENGHARGAAN SAKIP TAHUN 2018 ......................................................................................................
07 Februari 2019   |   Dilihat 493 kali   |   Baca
BUPATI BUKA TOURNAMENT FUTSAL WMC CUP I ......................................................................................................
11 Februari 2019   |   Dilihat 409 kali   |   Baca
HADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0, YOSOWILANGUN LOR KENALKAN DESA ROBOT ......................................................................................................
07 Februari 2019   |   Dilihat 388 kali   |   Baca
BEDAH 5 BULAN PEMERINTAHAN, BUPATI DAN WABUP MENDAPAT APRESIASI LINTAS SEKTORAL ......................................................................................................