2019-02-11   |   Dilihat 431 kali
HADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0, YOSOWILANGUN LOR KENALKAN DESA ROBOT
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Menghadapi revolusi industri 4.0 dimana teknologi berkembang begitu cepat ditandai dengan adanya super komputer, robot pintar dan lain sebagainya, masyarakat dituntut mampu mengikuti perkembangan zaman. Berdasar hal itulah, masyarakat desa Yosowilangun Lor mengenalkan Desa Robot yang dilaunching oleh Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (Cak Thoriq), Minggu (10/02/2019) kemarin.

Diakui Suwandi, Direktur Desa Robot Yosowilangun Lor bahwa ide mengenalkan desanya sebagai Desa Robot atas inisiasi Firdiansyah, Ketua International Youth Robot Association (IYRA) Indonesia yang juga merupakan pemuda asal Desa Yosowilangun Lor.

“Beliau itu sudah lama di Jakarta menekuni robotik, ingin menginspirasi anak–anak muda di desanya, beliau memberikan inspirasi dan dorongan kepada masyarakat desa untuk membuat desa robot,” ungkapnya.

Suwandi menjelaskan bahwa melalui pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Yosowilangun Lor, masyarakat bisa berkunjung dan belajar langsung mengenai robotik di Balai Desa. Pihaknya juga membuka kesempatan bagi instansi sekolah yang ingin mengadakan kelas robotik lengkap dengan pengajarnya.

Lebih lanjut, Suwandi mengungkapkan bahwa belajar robotik merupakan cara untuk mengasah kreatifitas dan pengetahuan anak dengan cara yang menyenangkan. Ia berharap Desa Robot ini nantinya bisa menjadi destinasi wisata edukasi di Kabupaten Lumajang.

“Terinspirasi dari Kampung Inggris yang ada di Kediri, Kampung Inggris itu semua orang bisa bahasa Inggris mulai dari jual pecel dan semuanya, tujuan ke depannya setiap orang Yosowilangun ini bisa tahu robot paling tidak kalau ditanya orang bisa menjelaskan apa itu robot,” jelasnya.

Ketua International Youth Robot Association (IYRA) Indonesia, Firdiansyah menjelaskan bahwa robotik perlu dikenalkan sejak dini untuk memicu kreativitas dan keahlian anak untuk menghadapi perubahan yang sangat cepat di era ini. Ia berharap dengan belajar robotik ini, generasi muda Lumajang semakin berkualitas dan mempunyai cita–cita tinggi untuk memajukan negara ini.

“Saya yakin tidak ada anak–anak yang bodoh, yang ada hanya anak yang belum mendapatkan kesempatan belajar dan bertemu komunitas dan lingkungan yang sesuai, untuk itu harapan kami desa robot ini dapat menjadi awalan, learning center (pusat belajar,red) masyarakat, mari belajar sains, belajar teknologi di sini,” jelasnya. (Kominfo-lmj)

05 April 2019   |   Dilihat 165 kali   |   Baca
BUPATI BERENCANA GANDENG PERUSAHAAN OUTSOURCING UNTUK TINGKATKAN KEBERSIHAN PUSKESMAS ......................................................................................................
17 April 2019   |   Dilihat 130 kali   |   Baca
BUPATI DAN WAKIL BUPATI BERKELILING PANTAU PROSES PEMUNGUTAN SUARA ......................................................................................................
01 April 2019   |   Dilihat 111 kali   |   Baca
PJ. SEKDA IMBAU AGAR PEJABAT SEGERA SESUAIKAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB BARUNYA ......................................................................................................
03 April 2019   |   Dilihat 103 kali   |   Baca
BUPATI INGIN PCNU BERSINERGI DENGAN PEMDA DALAM PELAYANAN KESEHATAN BAGI MASYARAKAT LUMAJANG ......................................................................................................
02 April 2019   |   Dilihat 93 kali   |   Baca
BUPATI HADIRI ACARA SINAU BARENG CAK NUN DAN KIAI KANJENG ......................................................................................................