2019-08-07   |   Dilihat 162 kali
BUPATI INSTRUKSIKAN PENGURANGAN PENGGUNAAN PLASTIK SEKALI PAKAI
Foto : Dok. Bag. Humas & Protokol-lmj

Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) mulai menginstruksikan pengurangan penggunaan plastik sekali pakai. Hal itu tertuang dalam Peraturan Bupati Nomor 56 Tahun 2019 tentang Pengurangan Penggunaan Plastik Sekali Pakai yang dilaunching pada saat Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Taman Wisata Tambuh Raya Idaman, Rabu (07/08/2019).

"Pada kesempatan kali ini sebagaimana program pencanangan yang dilakukan oleh Dinas  LingkunganHidup Lumajang, terkait dengan mengurangi sampah plastik," ujar Bupati.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia/ Kabupaten Lumajang Tahun 2019 mengangkat tema "Hijau Bumiku, Biru Langitku".

Bupati mengapresiasi program dan langka-langkah kebijakan nyata dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lumajang yang secara aktif melestarikan lingkungan melalui berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat.

Bupati mengajak kepada semua masyarakat, untuk mengurangi sampah plastik dengan cara mereview diri agar lebih peduli kepada lingkungan sekitar dengan menjaga dan melindungi kelestariannya yang mengacu dalam konsep 3R (Reuse, Reduce, Recycle). Ia juga meminta kepada semua OPD dan lembaga di Kabupaten Lumajang dalam melaksanakan kegiatan agar meminimalisir penggunaan plastik dalam menyajikan makan dan minumnya.

"Ayo, dimulai dari internal kita, Pemerintah Kabupaten Lumajang dengan cara untuk mengurangi penggunaan plastik," tuturnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, Yuli Harismawati menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada semua pihak untuk terlibat aksi nyata dalam pengelolaan lingkungan hidup baik aparat pemerintah, pelaku usaha, pelajar, masyarakat secara berkelompok maupun individu untuk melindungi dan melestarikan  lingkungan hidup.

"Menggugah kembali semua pihak, bahwa pengelolahan lingkungan hidup dilakukan secara nyata dengan menerapkan pendekatan berkelanjutan yang menjadi tolak ukur modernitas pembangungan berwawasan lingkungan," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati bersama Wakil Bupati dan jajaran Forkopimda menyerahkan piala dan penghargaan yang berhasil diraih Kabupaten Lumajang dalam  PeringatanHari Lingkungan Hidup, baik yang diselenggarakan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. (Kominfo-lmj)

20 Agustus 2019   |   Dilihat 220 kali   |   Baca
LESTARIKAN KEMBALI PERMAINAN TRADISONAL MELALUI LOMBA ORTRAD ......................................................................................................
08 Agustus 2019   |   Dilihat 198 kali   |   Baca
MASYARAKAT DIMINTA MULAI BUDAYAKAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR DI RUANG PUBLIK ......................................................................................................
14 Agustus 2019   |   Dilihat 172 kali   |   Baca
PEMKAB LUMAJANG SALURKAN AIR BERSIH 120.000 LITER/HARI ......................................................................................................
21 Agustus 2019   |   Dilihat 171 kali   |   Baca
PESERTA PBI JKN NONAKTIF DI LUMAJANG MASIH BISA DAPATKAN LAYANAN KESEHATAN GRATIS ......................................................................................................
11 Agustus 2019   |   Dilihat 169 kali   |   Baca
IDUL ADHA 1440 H, MOMENTUM TINGKATKAN SOLIDARITAS SOSIAL ......................................................................................................