2019-03-26   |   Dilihat 104 kali
TIDAK SESUAI KONDISI LAPANGAN, WABUP MINTA DINSOS KIRIM SURAT KE PUSAT
Foto : Dok. Bag. Humas & Protokol-lmj

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati (Bunda Indah) meminta kepada Dinas Sosial Kab. Lumajang agar mengirim surat ke Pemerintah Pusat. Permintaan Wabup itu, terkait dengan perbedaan data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dengan kondisi asli di lapangan.

Hal ini, ditegaskan Wabup saat membuka Sosialisasi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Terhadap Kegiatan Penanganan dan Pemberdayaan Fakir Miskin di Ruang Nararya Kirana Kantor Bupati Lumajang, Selasa (26/03/2019).

"Saat ini orang yang mendapatkan bantuan tidak hanya orang yang tidak berkecukupan, tapi orang yang berkecukupan juga mendapatkan bantuan. Untuk itu, saya minta Dinas Sosial agar mengirimkan surat ke pusat bahwa hasil data yang diterima tidak sesuai dengan hasil data  di lapangan," ujarnya. 

Bunda Indah menyampaikan, pihaknya akan melakukan langkah- langkah untuk mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Lumajang. Untuk itu, ia berharap Dinas Sosial Kab. Lumajang agar selalu proaktif dalam melaksanakan tugasnya dengan tepat sasaran. 

"Kalau masyarakat kita sudah bilang, kita tidak butuh bantuan Pemerintah lagi, baru ini bisa dikatakan kita berhasil," tegasnya. 

Dilihat dari data, jumlah penerima Bantuan Pangan Non Tunai di Kab. Lumajang, sebanyak 92.382 KPM yang terdiri dari KPM BPNT Program Keluarga Harapan (PKH) 47.392 dan KPM BPNT non PKH sebanyak 44.990.

Sedangkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) non PKH, saat ini sejumlah 44.990 kartu. Adapun kartu yang sudah tersalur sebanyak 22.723.

Bantuan Pangan Non Tunai diberikan sebesar Rp 110 ribu setiap bulannya kepada KPM dengan harapan dapat dibelanjakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, seperti beras, telur dan sebagainya. 

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Sosial Kab. Lumajang, Ninis Legiwinarsih melaporkan bahwa tujuan dilaksakannya sosilisasi tersebut adalah untuk memberikan informasi tentang BPTN, memberikan solusi serta kendala maupun permasalahan terhadap program BPTN serta penyajian pelaporan secara standarisasi pelaksanaan terhadap BPNT.

Sosialisasi tersebut diikuti oleh 189 orang, terdiri dari Camat se-Kab. Lumajang, Koordinator Tenaga Kesehjateraan Sosial, Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan  dan undangan lainnya. (Bag. Humas & Protokol, Kominfo-lmj)

07 Desember 2019   |   Dilihat 254 kali   |   Baca
PEMKAB ADAKAN SAYEMBARA DESAIN LOGO ‘LUMAJANG EKSOTIK’ BERHADIAH TOTAL 20 JUTA RUPIAH ......................................................................................................
07 Desember 2019   |   Dilihat 120 kali   |   Baca
KABUPATEN LUMAJANG RAIH PENGHARGAAN ATAS KOMITMEN PENGEMBANGAN SEKTOR PARIWISATA ......................................................................................................
01 Desember 2019   |   Dilihat 97 kali   |   Baca
BUPATI LUMAJANG HARAPKAN SEMERU FC DAN PSIL LOLOS KE LIGA 3 NASIONAL 2019 ......................................................................................................
06 Desember 2019   |   Dilihat 95 kali   |   Baca
JELANG PILKADES, MASYARAKAT DIIMBAU TETAP JAGA KEAMANAN LINGKUNGAN ......................................................................................................
06 Desember 2019   |   Dilihat 87 kali   |   Baca
INOVASI INCAR DIHARAPKAN MAMPU TINGKATKAN PRODUKTIVITAS PERTANIAN DI LUMAJANG ......................................................................................................