2019-03-27   |   Dilihat 97 kali
PRODUK PERTANIAN LUMAJANG DIHARAPKAN LEBIH MEMILIKI NILAI TAMBAH
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Produk pertanian Kabupaten Lumajang diharapkan lebih memiliki nilai tambah.Hal itu disampaikan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (Cak Thoriq) saat menerima Kunjungan Kerja Anggota IV BPK RI, Rizal Djalil di Objek Wisata Ranu Klakah, Rabu (27/03/2019).

“Bahagia rasanya apabila kami, Pemerintah Kabupaten Lumajang mendapat intervensi dari Kementerian, dari DPR RI dan dijaga oleh BPK RI untuk betul – betul menjadi Kabupaten Lumajang yang berdaya saing, bisa memakmurkan dan mensejahterakan masyarakat,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Cak Thoriq menyampaikan bahwa sektor pertanian di Kabupaten Lumajang memiliki produksi rata – rata surplus. Ia memaparkan bahwa Kabupaten Lumajang merupakan salah satu lumbung pangan di Jawa Timur. 

Pada tahun 2018, Kab. Lumajang mampu memproduksi padi sebanyak 4.848.543 kwintal dengan produktivitas mencapai 62,22 kwintal per hektar, sedangkan produksi jagung mencapai 888.388 kwintal dengan produktivitas 59,9 kwintal per hektar.

Lebih lanjut dijelaskan Bupati Thoriq bahwa untuk mendongkrak produk pertanian, pihaknya memiliki kebijakan agar minimarket yang ada di Kabupaten Lumajang menyediakan space (tempat) khusus bagi produk Lumajang. Selain itu, ia juga mengimbau agar produk lokal dapat disuguhkan di setiap kegiatan.

“Begitu kami bisa mengoptimalkan pertanian, kami mempunyai daya saing baru, potensi baru terhadap produk – produk pertanian yang unggul menjadi bagian dari nilai tambah yang kami harapkan,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bambang, Staf Ahli Menteri Bidang Pengembangan Bio Industri, Kementerian Pertanian RI mengapresiasi produktivitas pertanian di Kabupaten Lumajang. Ia menjelaskan, atas peran serta petani Lumajang, pada tahun 2018 Indonesia berhasil swasembada pangan.

“Salam dari Bapak Menteri Pertanian, Amran Sulaiman berterima kasih karena selama mengawal program dari Kementerian Pertanian dengan dukungan seluruh masyarakat Indonesia, Alhamdulillah kita sukses swasembada pangan khususnya padi dan jagung,hal ini tidak terlepas dari masyarakat Lumajang,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kementerian Pertanian RI memberikan bantuan sarana pertanian senilai Rp 862 juta berupa 15 Traktor Roda Dua, 5 Cultivator, 15 Pompa Air, 30 Hand Sprayer dan 5 Power Thresher. (Kominfo-lmj)

07 Desember 2019   |   Dilihat 254 kali   |   Baca
PEMKAB ADAKAN SAYEMBARA DESAIN LOGO ‘LUMAJANG EKSOTIK’ BERHADIAH TOTAL 20 JUTA RUPIAH ......................................................................................................
07 Desember 2019   |   Dilihat 120 kali   |   Baca
KABUPATEN LUMAJANG RAIH PENGHARGAAN ATAS KOMITMEN PENGEMBANGAN SEKTOR PARIWISATA ......................................................................................................
01 Desember 2019   |   Dilihat 97 kali   |   Baca
BUPATI LUMAJANG HARAPKAN SEMERU FC DAN PSIL LOLOS KE LIGA 3 NASIONAL 2019 ......................................................................................................
06 Desember 2019   |   Dilihat 95 kali   |   Baca
JELANG PILKADES, MASYARAKAT DIIMBAU TETAP JAGA KEAMANAN LINGKUNGAN ......................................................................................................
06 Desember 2019   |   Dilihat 87 kali   |   Baca
INOVASI INCAR DIHARAPKAN MAMPU TINGKATKAN PRODUKTIVITAS PERTANIAN DI LUMAJANG ......................................................................................................