2019-03-27   |   Dilihat 166 kali
PEMKAB. LUMAJANG DIDORONG TINGKATKAN MINAT KONSUMSI IKAN
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Pemerintah Kabupaten Lumajang didorong meningkatkan minat masyarakat untuk mengkonsumsi ikan. Hal itu disampaikan, Muhammad Yusuf, Inspektur Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia saat Kunjungan Kerja Anggota IV BPK RI, Rizal Djalil di Objek Wisata Ranu Klakah, Rabu (27/03/2019).

Muhammad Yusuf mengungkapkan bahwa minat masyarakat dalam mengkonsumsi ikan di Jawa Timur khususnya Kabupaten Lumajang dinilai masih rendah. Untuk itu, ia meminta agar Pemerintah Kabupaten Lumajang lebih gencar mempromosikan Gemarikan (Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan).  

“Jadi kalau kami lihat di Jawa Timur ini angka perkapita untuk makan ikan masih di bawah angka yang kami harapkan, 30,7 kg dan di Kabupaten ini cukup menyedihkan baru 18 kg,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI memberikan bantuan sarana bidang kelautan dan perikanan, antara lain 2 ton pakan ikan mandiri, 50 ribu ekor benih ikan bandeng dan 100 ribu benih ikan nila. 

Selain itu Kementerian Kelautan dan Perikanan juga memberikan Premi Asuransi Nelayan (Jasindo) bagi 212 nelayan, fasilitas permodalan KUR BRI, kartu KUSUKA, 248 unit chest freezer, percontohan penyuluhan garam sistem katup serta beasiswa bagi mahasiswa Politeknik Kelautan dan Perikanan. Muhammad Yusuf meminta agar bantuan tersebut dapat dimanfaatkan untuk mensejahterakan masyarakat Lumajang.

“Tolong dijaga juga kelestarian, kelangsungan benih – benih kita agar tidak mati, ada larangan untuk alat tangkap ikan tidak menggunakan bom ikan, dengan racun dan sebagainya, semoga bantuan yang kami berikan memberikan manfaat, menjadikan masyarakat Lumajang lebih sejahtera,” pesannya.

Bupati memaparkan bahwa potensi perikanan terutama perikanan tawar di Kabupaten Lumajang sangat bagus. Melalui pengelolaan yang baik, danau yang ada di Kabupaten Lumajang dapat dimaksimalkan sebagai tempat budidaya perikanan tawar.

“Kami berkeinginan supaya kami diintervensi dalam program - program budidaya perikanan tawar, potensinya luar biasa, tinggal kami mengkonsolidasikan semua program supaya kami lebih optimal, dari semua yang ada di Lumajang agar matching (cocok,red)  antara potensi pariwisata dengan potensi perikanan,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Lumajang, Anggota IV BPK RI, jajaran Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, jajaran Kementerian Pertanian RI panen ikan nila di Ranu Klakah. (Kominfo-lmj)

04 Januari 2020   |   Dilihat 274 kali   |   Baca
SEPAKAT, POLEMIK LOGO CITY BRANDING LUMAJANG EKSOTIK AKHIRNYA MENDAPAT TITIK TEMU ......................................................................................................
03 Januari 2020   |   Dilihat 241 kali   |   Baca
BUPATI UNDANG BB TNBTS KLARIFIKASI PEMBERLAKUAN TIKET ......................................................................................................
07 Januari 2020   |   Dilihat 207 kali   |   Baca
BUPATI RESMI LAUNCHING LOGO LUMAJANG EKSOTIK ......................................................................................................
08 Januari 2020   |   Dilihat 166 kali   |   Baca
BUPATI LANTIK 158 KEPALA DESA HASIL PEMILIHAN KADES SERENTAK ......................................................................................................
02 Januari 2020   |   Dilihat 156 kali   |   Baca
INTENSITAS HUJAN TINGGI, WABUP TINJAU SEJUMLAH TITIK RAWAN BANJIR DI LUMAJANG ......................................................................................................