2019-03-27   |   Dilihat 94 kali
KAMTIBMAS ADALAH TANGGUNG JAWAB BERSAMA
Foto : Dok. Bag. Humas & Protokol-lmj

Keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) tidak hanya menjadi urusan Polri, TNI dan Pemerintah Daerah (Pemda) saja. Namun, Kamtibmas adalah urusan dan tanggungjawab bersama.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) dalam arahannya pada acara Pengukuhan dan Pembinaan Satgas (Satuan Tugas) Keamanan Desa se-Wilayah Kecamatan Kunir, bertempat di Balai Desa Sukosari Kecamatan Kunir, Rabu (27/3/2019) malam.

Cak Thoriq juga menyampaikan, bahwa tugas satgas keamanan desa adalah untuk mendeteksi atau mengantisipasi sejak dini potensi kriminalitas yang ada di wilayah.

Dalam kesempatan tersebut, Cak Thoriq juga mengungkapkan bahwa untuk mendukung terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat, dalam pelaksanaan tugasnya Satgas Keamanan Desa akan dibantu dengan peralatan berupa Kamera Drone milik Pemkab Lumajang, dan dua ekor anjing pelacak milik Polres Lumajang dalam pencarian hewan ternak yang dicuri.

Menurutnya, hewan yang telah dicuri itu tidak langsung dibawa pulang oleh pencurinya, melainkan disembunyikan dulu di tengah lahan tanaman tebu.

"Kami bersama jajaran Tiga Pilar akan terus berupaya, agar satgas keamanan desa dapat eksis dalam menjaga keamanan. Dan, jika ada gejala-gejala yang dicurigai, masyarakat diharapkan segera melapor kepada pihak kepolisian agar segera diselesaikan," tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Lumajang AKBP. Dr. Muhammad Arsal Sahban, SH., MH., S.I.K., menjelaskan, bahwa ada empat tugas utama dari Satgas Keamanan Desa, yakni memastikan dan menjaga keamanan desanya, mendesain atau mengatur sistem keamanan di desanya, sebagai problem solving (mengetahui akar permasalahan, penyebab, solusi dan mengeksekusi solusi yang telah dibuat) dalam menangani setiap permasalahan di desanya, dan yang terkhir dapat menyelesaikan masalah-masalah Kamtibmas disetiap desa masing-masing dengan cara menghidupkan kembali sistem keamanan lingkungan (Siskamling).

"Satgas keamanan desa harus menjadi motivasi buat masyarakat dalam menjaga keamanan di desanya masing-masing," pesannya.

Dalam pengukuhan tersebut, Kapolres Lumajang mengukuhkan sebanyak 330 orang anggota Satgas Keamanan Desa, dari 11 Desa se-wilayah Kecamatan Kunir, dan untuk setiap desa berjumlah 30 anggota Satgas. (Bag. Humas & Protokol-lmj, Kominfo-lmj)

Pengukuhkan, Pelantikan dan Pengambilan sumpah jabatan kepada Pejabat Struktural di lingkup PemDa KAB. Lumajang
30 Juli 2020
Foto Lainnya

30 Juli 2020
Video Lainnya
06 Agustus 2020   |   Dilihat 276 kali   |   Baca
LUMAJANG RAIH PENGHARGAAN WAJAH BAHASA SEKOLAH TAHUN 2020 TINGKAT PROVINSI JAWA TIMUR ......................................................................................................
02 Agustus 2020   |   Dilihat 183 kali   |   Baca
MINUM TEH DAUN KELOR, INI MANFAAT YANG BISA DIDAPAT ......................................................................................................
02 Agustus 2020   |   Dilihat 165 kali   |   Baca
IDE INOVATIF WARGA ASAL LUMAJANG, UBAH KAYU BEKAS JADI KARYA SENI ......................................................................................................
03 Agustus 2020   |   Dilihat 151 kali   |   Baca
PEMUDA DI DESA PENANGGAL MANFAATKAN BAMBU DAN ABU JERAMI JADI PRODUK KERAJINAN TANGAN BERNILAI JUAL ......................................................................................................
03 Agustus 2020   |   Dilihat 144 kali   |   Baca
RANU LINGGO REKISI, EKOWISATA SEMERU SELATAN ......................................................................................................