2019-04-12   |   Dilihat 52 kali
PEMKAB. LUMAJANG SOSIALISASIKAN PERBUP SANTUNAN KEMATIAN DAN PERDA PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN
Foto : Dok. Bag. Humas & Protokol-lmj

Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Bagian Hukum Setda. Lumajang mensosialisasikan Produk Hukum Daerah Tentang Santunan Kematian Dan Penyelenggaraan Pendidikan di Kabupaten Lumajang 2019 di Gedung Narawita Agung, Wakul Bu Cipto Lumajang, Jum'at (12/4/2019) siang. Sosialisasi dibuka oleh Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Agus Triyono.

Pj. Sekda menyampaikan, Program Santunan Kematian dan Penyelenggaraan Pendidikan Gratis, merupakan perwujudan janji politik Bupati dan Wakil Bupati saat kampanye Pilkada tahun lalu. Regulasi mengenai santunan kematian tersebut diatur dalam Peraturan Bupati Lumajang Nomor 3 Tahun 2019 tentang Santunan Kematian Bagi Penduduk Kabupaten Lumajang yang telah ditetapkan oleh Bupati pada tanggal 7 Januari 2019 yang lalu.

Dijelaskan Pj. Sekda bahwa santunan kematian itu merupakan bantuan untuk membantu perawatan jenazah penduduk dan meringankan beban keluarga yang ditinggalkan, misalnya untuk biaya doa bersama (tahlil) dan sebagainya.

Untuk memudahkan masyarakat dalam pengurusan santunan kematian tersebut, Pj. Sekda menyampaikan bahwa Bupati Lumajang telah menginstruksikan agar santunan selesai diurus di tingkat kantor kecamatan dan dapat diurus secara mandiri oleh masyarakat. "Saya berharap dari keluarga yang berduka, nek iso diurus dewe nang balai desa (kalau bisa diurus sendiri di Balai Desa,red)," harapnya.

Jika ada permasalahan terkait kepengurusan santunan kematian, Pj. Sekda meminta agar masyarakat langsung bertanya kepada pihak terkait yang berkompeten, bukan malah bertanya di media sosial.

"Saya berharap, kalau ada tetangga yang mau mengurus tetapi tidak mengerti, tolong tanya atau mengadu kepada pak kades atau pak camat," pintanya.

Selain santunan kematian, Pemkab Lumajang juga memberikan bantuan biaya Sekolah Gratis untuk siswa yang sekolah di Kabupaten Lumajang. Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Lumajang juga telah memberikan beasiswa kepada 200 siswa SMA/SMK/MA yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri dari keluarga tidak mampu. Dijelaskan Pj. Sekda, beasiswa tersebut diberikan sampai dengan yang bersangkutan lulus kuliah.

Hal itu diatur dalam Perda No 2 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Pendidikan sebagaimana telah diubah dengan Perda Nomor 6 Tahun 2017.

Sementara itu, Plt. Kabag Hukum Setda Kabupaten Lumajang, Catur Prayogi melaporkan sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman peserta sosialisasi agar mengetahui isi dan maksud yang ada dalam Perda dan Perbub terkait program pemerintah daerah. Sehingga regulasi tersebut dapat dilaksanakan secara efektif.

Acara sosialisasi tersebut diikuti oleh para Camat, Kepala Desa, TKSK, PPDI dan Keluarga PKH dengan narasumber Plt. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lumajang, Dra. Ninis Legiwinarsih dan Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang, Drs. Winardi, M.Pd. (Bag. Humas & Protokol-lmj, Kominfo-lmj)

05 April 2019   |   Dilihat 165 kali   |   Baca
BUPATI BERENCANA GANDENG PERUSAHAAN OUTSOURCING UNTUK TINGKATKAN KEBERSIHAN PUSKESMAS ......................................................................................................
17 April 2019   |   Dilihat 130 kali   |   Baca
BUPATI DAN WAKIL BUPATI BERKELILING PANTAU PROSES PEMUNGUTAN SUARA ......................................................................................................
01 April 2019   |   Dilihat 111 kali   |   Baca
PJ. SEKDA IMBAU AGAR PEJABAT SEGERA SESUAIKAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB BARUNYA ......................................................................................................
03 April 2019   |   Dilihat 103 kali   |   Baca
BUPATI INGIN PCNU BERSINERGI DENGAN PEMDA DALAM PELAYANAN KESEHATAN BAGI MASYARAKAT LUMAJANG ......................................................................................................
02 April 2019   |   Dilihat 93 kali   |   Baca
BUPATI HADIRI ACARA SINAU BARENG CAK NUN DAN KIAI KANJENG ......................................................................................................