2019-06-18   |   Dilihat 48 kali
PEMKAB LUMAJANG BERKOMITMEN UNTUK OPTIMALKAN PENYEDIAAN AIR BERSIH
Foto : Dok. Bag. Humas & Protokol-lmj

Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) mengatakan, bahwa pihaknya berkomitmen akan berupaya untuk lebih mengoptimalkan penyediaan air bersih di Kabupaten Lumajang.

Hal tersebut dikatakannya saat berdiskusi dalam audensi dan koordinasi bersama Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) V Jember tentang sistem penyediaan air minum region Lumajang, bertempat di Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang, Selasa (18/6/2019).

Cak Thoriq juga mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang akan terus berupaya melakukan langkah-langkah untuk memenuhi kebutuhan air bersih untuk penduduk.

"Kita akan mengupayakan cara agar nanti kita dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi penduduk, sehingga penduduk kita bisa mengeluarkan biaya murah dalam mendapatkan air bersih," ujarnya.

Disamping itu, Cak Thoriq juga menjelaskan, sesuai dengan data yang dihimpun oleh Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lumajang tahun 2019 dari Perangkat Daerah terkait, menyebutkan bahwa secara umum, ketersediaan air bersih di Kabupaten Lumajang mencapai sebesar 74,59%, dengan jumlah penduduk 1.006.458 jiwa di tahun 2018.

“Adapun cakupan pelayanan air minum perpipaan di perkotaan adalah sebesar 18,35%, dan cakupan pelayanan air minum perpipaan di pedesaan adalah sebesar 21,37%. Sedangkan, untuk potensi Hidrologi, terbagi menjadi lima Daerah Aliran sungai, yakni 134 sungai, 14 air terjun, 14 danau, 12 rawa, 411 sumber mata air,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Cak Thoriq juga menyampaikan bahwa pihaknya kedepan akan berencana untuk menindaklanjuti penyediaan air bersih dengan melakukan penyusunan Studi Kelayakan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) pada sumber mrutu, dan Kajian Kerentanan Mata Air (KKMA) dengan sasaran utama pelayanan kebutuhan air bersih di wilayah Kecamatan Klakah dan Kecamatan Ranuyoso.

Menurutnya, sesuai dengan data yang ada, debit mata air sumber mrutu tercatat 1.750 liter/detik. Dan, rencananya di tahun 2020 mendatang, Pemerintah Daerah akan melakukan pembangunan SPAM pada Sumber Mrutu. Sedangkan, di tahun 2021 mendatang juga dilakukan optimalisasi SPAM pada Sumber mrutu.

“Di tahun 2020 nanti, kami juga berencana akan mengoptimalkan Ranu Bedali khusus Kecamatan Ranuyoso serta mengoptimalkan Ranu Wringin dan Ranu Krasak untuk Randuagung dan Kedungjajang,” katanya.
Selain itu, disampaikan Cak Thoriq, bahwa untuk pemanfaatan SPAM pada sumber air ronggojalu, pihaknya juga akan menindaklanjutinya dengan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Probolinggo, dengan sasaran untuk pemenuhan kebutuhan air bersih di wilayah Kecamatan Ranuyoso, Klakah dan Kedungjajang.

Sementara itu, Kepala Bakorwil V Jember, R. Tjahjo Widodo mengatakan, bahwa pihaknya akan segera berkoordinasi lebih lanjut dengan pihak-pihak terkait tentang penyediaan air region Lumajang, sehingga kebutuhan masyarakat Lumajang dapat terpenuhi dengan baik. (Bag. Humas & Protokol, Kominfo-lmj)

05 Juli 2019   |   Dilihat 246 kali   |   Baca
PEMKAB. TUTUP OPERASIONAL TIMBANGAN PASIR PT. MUTIARA HALIM ......................................................................................................
01 Juli 2019   |   Dilihat 222 kali   |   Baca
PEMKAB LUMAJANG BERENCANA AKAN BENTUK BADAN USAHA MILIK PESANTREN ......................................................................................................
04 Juli 2019   |   Dilihat 207 kali   |   Baca
BUPATI LANTIK DAN KUKUHKAN 131 PEJABAT PIMPINAN TINGGI PRATAMA, ADMINISTRATOR, PENGAWAS DAN FUNGSIONAL ......................................................................................................
06 Juli 2019   |   Dilihat 160 kali   |   Baca
PEMKAB. BERLAKUKAN JADWAL BARU CFN DAN CFD ALUN - ALUN LUMAJANG ......................................................................................................
17 Juli 2019   |   Dilihat 144 kali   |   Baca
PEMKAB. - USAID IUWASH PLUS SIAPKAN ROADMAP SPALD-P ......................................................................................................