2019-06-20   |   Dilihat 130 kali
WABUP HARAPKAN TPP DAPAT RANGSANG KINERJA ASN LUMAJANG
Foto : Dok. Bag. Humas & Protokol-lmj

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati (Bunda Indah) berharap pemberian TPP dapat merangsang semangat kerja ASN Pemerintah Kabupaten Lumajang. Hal itu disampaikannya saat membuka Sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 38 Tahun 2019 tentang Tambahan Pengasilan PNS (TPP) bagi Pejabat Eselon II, III dan IV di Aula Graha Nagara Bhakti BKD Lumajang, Kamis (20/06/2019).

“Saya masih komitmen terhadap TPP ini, dan saya yakin TPP ini harus signifikan dengan kinerja pegawai, maka terus diformulasikan, bagaimana dengan TPP ini merangsang  semangat kerja dari PNS,” tegasnya.

Bunda Indah menjelaskan bahwa sesuai petunjuk dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) maka TPP tidak diberikan secara cuma-cuma. TPP diberikan berdasarkan presensi dan juga harus berkaitan dengan kinerja PNS. Untuk mendukung hal tersebut maka Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Lumajang mengeluarkan Aplikasi Android SiPERLU.

Dengan SiPERLU telah banyak manfaat yang didapat antara lain kedisiplinan meningkat, tingkat kemangkiran PNS menurun sehingga Kepala OPD dapat memonitor PNS di lingkungannya dengan mudah.

“Karena ada TPP maka itu menyita perhatian juga, termasuk KPK, muncullah surat himbauan dari KPK bahwa dengan adanya TPP ini maka perlu ada pertanggungjawaban atas diterimanya tambahan penghasilan PNS,” ujarnya.

Bunda Indah menganggap sistem presensi pegawai menjadi bagian penting dari pertanggungjawaban PNS terhadap perolehan TPP. Presensi menggunakan SiPERLU seperti dijelaskan Bunda Indah memiliki bobot 60 persen terhadap penerimaan TPP PNS.

Sedangkan faktor lain yang dapat menunjang besaran perolehan TPP yakni aktivitas kerja yang dicatat menggunakan SiPERLU berbobot 20 persen, implementasi SAKIP OPD 10 persen dan penyerapan anggaran 10 persen.

“SiPERLU ini juga membantu PNS, supaya kalau ada pemeriksaan, dengan adanya sistem presensi yang ketat dan tertib, maka itu akan mengurangi pertanyaan pemeriksa, tinggal melihat dari sistem,” jelas Bunda Indah.

Sementara itu, Kabid. Penilaian Kinerja Aparatur dan Penghargaan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lumajang, Abdullah Wasian melaporkan bahwa kegiatan sosialisasi diikuti 756 orang yang terdiri dari Pejabat Eselon II, III dan IV serta pengelola SiPERLU yang dilaksanakan selama lima hari mulai tanggal 20-27 Juni 2019. (Kominfo-lmj)

19 November 2019   |   Dilihat 274 kali   |   Baca
RALAT SURAT PENGUMUMAN PENERIMAAN CPNS 2019 PEMKAB LUMAJANG DITERBITKAN ......................................................................................................
09 November 2019   |   Dilihat 176 kali   |   Baca
LUMAJANG RAIH PLATINUM DALAM INDOHCF INNOVATION AWARDS III ......................................................................................................
04 November 2019   |   Dilihat 171 kali   |   Baca
KEPALA OPD HARUS PAHAMI TUPOKSI DAN PROGRAM KERJANYA ......................................................................................................
11 November 2019   |   Dilihat 161 kali   |   Baca
PUSTAKAWAN DESA DI LUMAJANG MENDAPAT BIMTEK PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN ......................................................................................................
07 November 2019   |   Dilihat 160 kali   |   Baca
BUPATI DAN WABUP BUKA FESTIVAL PAK MA'AJEH PERDANA ......................................................................................................