2019-07-11   |   Dilihat 72 kali
JELANG PILKADES SERENTAK DI 158 DESA, PEMKAB GELAR SOSIALISASI
Foto : Dok. Bag. Humas & Protokol-lmj

Pemerintah Kabupaten Lumajang akan melakukan langkah-langkah konkrit terhadap persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2019 yang akan dilaksanakan di 158 desa, agar dapat berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (Cak Thoriq) saat membuka Sosialisasi dan Pembekalan Pilkades Serentak Gelombang Ketiga Tahun 2019 Kabupaten Lumajang, bertempat di Ruang Nararya Kirana Kantor Bupati Lumajang, Kamis (11/7/2019).

Cak Thoriq menyampaikan bahwa pemerintah desa diharapkan dapat mengelola keuangan sesuai ketentuan yang berlaku, terutama saat menjelang penyelenggaraan Pilkades Serentak 2019.

"Saya tidak ingin adanya pelanggaran terhadap pelaksanaan program maupun pengelolaan keuangan yang ada di desa," jelasnya.

Lebih lanjut, Cak Thoriq menyampaikan pihaknya akan segera melakukan penelaahan terhadap pelaksanaan program maupun pengelolaan keuangan di masing-masing desa, sehingga pemeriksaan internal pengelolaan keuangan di Inspektorat dapat selesai sebelum pelaksanaan Pilkades.

"Karena itu, saya minta Inspektorat betul-betul melakukan pemeriksaan terhadap pelaksanaan program maupun pengelolaan keuangan yang ada di masing-masing desa," pungkasnya.

Lebih lanjut, Cak Thoriq menekankan bahwa terdapat beberapa syarat bagi kades incumbent yang kembali mencalonkan diri, antara lain harus bisa memfasilitasi Satgas Keamanan Desa (SKD), tertib dalam pelunasan PBB-P2 dan mampu mengelola keuangan desa yang sesuai dengan hasil audit Inspektorat.

Sementara itu, Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Setda Kabupaten Lumajang, Sugeng Priyono melaporkan bahwa sosialisasi tersebut bertujuan untuk menyebarluaskan informasi tentang regulasi dan teknis persiapan Pilkades Serentak di Kabupaten Lumajang.

Ia berharap adanya sosialisasi ini dapat dimanfaatkan oleh para peserta khususnya pemerintah daerah dan desa untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap peraturan yang berlaku, sehingga dapat meminimalisir pelanggaran dan hal-hal yang dapat menghambat pelaksanaan Pilkada Serentak.

Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti oleh Camat, Kapolsek, Danramil, Kepala Desa, Perwakilan Panitia Pengawas (Panwas), dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang dibagi menjadi 2 (dua) sesi, sesi pertama diikuti oleh 203 peserta yang terdiri dari 11 kecamatan dan 79 desa, sedangkan sesi kedua diikuti oleh 196 peserta yang terdiri dari 10 kecamatan dan 78 desa. (Bag. Humas & Protokol, Kominfo-lmj)

19 November 2019   |   Dilihat 273 kali   |   Baca
RALAT SURAT PENGUMUMAN PENERIMAAN CPNS 2019 PEMKAB LUMAJANG DITERBITKAN ......................................................................................................
09 November 2019   |   Dilihat 176 kali   |   Baca
LUMAJANG RAIH PLATINUM DALAM INDOHCF INNOVATION AWARDS III ......................................................................................................
04 November 2019   |   Dilihat 171 kali   |   Baca
KEPALA OPD HARUS PAHAMI TUPOKSI DAN PROGRAM KERJANYA ......................................................................................................
11 November 2019   |   Dilihat 161 kali   |   Baca
PUSTAKAWAN DESA DI LUMAJANG MENDAPAT BIMTEK PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN ......................................................................................................
07 November 2019   |   Dilihat 160 kali   |   Baca
BUPATI DAN WABUP BUKA FESTIVAL PAK MA'AJEH PERDANA ......................................................................................................