2019-07-12   |   Dilihat 110 kali
BUPATI LUMAJANG : SEMUA INSTANSI HARUS KENAKAN BATIK KHAS LUMAJANGAN
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) mengatakan, bahwa dirinya akan mengeluarkan kebijakan agar semua instansi/lembaga di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) harus mengenakan batik khas Lumajang, satu kali dalam sepekan.

"Semua instansi yang ada di lingkungan Pemkab Lumajang, harus mengenakan batik khas Lumajang satu kali dalam sepekan," ujarnya saat menghadiri acara launching Batik Pasir Khas Lumajang dan Grand Opening Butik New Latanza bersama Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah), bertempat di Jalan Ahmad Yani Kelurahan Tompokersan Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang, Jumat (12/7/2019).

Cak Thoriq juga mengatakan, Kabupaten Lumajang sangat perlu untuk berinovasi dalam hal meningkatkan potensi kerajinan batik. Menurutnya, dengan berinovasi menambah varian dan berbagai macam pilihan batik, maka batik khas Lumajang akan dapat diminati oleh masyarakat luas.

"Kita perlu mengejar varian, inovasi untuk menarik orang berminat untuk membeli batik Lumajang. Dan, saya harap motif batik pasir ini bisa menjadi inovasi baru supaya batik Lumajang lebih diminati oleh masyarakat," katanya.

Sementara itu, Bunda Indah mengungkapkan, Butik New Latansa tersebut adalah sebuah butik yang dirintis oleh dirinya bersama dengan Hanifah Ekasiwi yang saat ini menjabat sebagai Inspektur Kabupaten Lumajang sejak 2005 yang lalu.

Lebih lanjut, dia juga mengungkapkan, bahwa keberadaan Butik Latanza ini merupakan salah satu kepedulian dirinya terhadap pasar batik Lumajang, yang saat itu masih belum memiliki media promosi dan pusat penjualan batik Lumajang.

"Kami dulu merasa sedih karena batik Lumajang tidak memiliki tempat promosi dan pemasaran. Maka, sejak tahun 2005 lalu, kami mulai merintis Butik Latanza. Namun seiring banyaknya permintaan, maka kami juga menyediakan batik Nusantara," ungkapnya. .

Sementara, Hanifah juga menyampaikan bahwa keberadaan Butik tersebut diharapkan dapat menampung batik-batik karya pengerajin yang ada di Kabupaten Lumajang. "Semoga kami semakin banyak menampung batik dari para pengerajin di Kabupaten Lumajang," harapnya.

Acara tersebut juga dimeriahkan dengan kegiatan fashion show (peragaan busana) oleh sejumlah model, yang mengenakan pakaian batik bermotif pasir sebagai ciri khas batik Lumajangan. (Bag. Humas & Protokol, Kominfo-lmj)

19 November 2019   |   Dilihat 307 kali   |   Baca
RALAT SURAT PENGUMUMAN PENERIMAAN CPNS 2019 PEMKAB LUMAJANG DITERBITKAN ......................................................................................................
09 November 2019   |   Dilihat 179 kali   |   Baca
LUMAJANG RAIH PLATINUM DALAM INDOHCF INNOVATION AWARDS III ......................................................................................................
04 November 2019   |   Dilihat 174 kali   |   Baca
KEPALA OPD HARUS PAHAMI TUPOKSI DAN PROGRAM KERJANYA ......................................................................................................
07 November 2019   |   Dilihat 166 kali   |   Baca
BUPATI DAN WABUP BUKA FESTIVAL PAK MA'AJEH PERDANA ......................................................................................................
11 November 2019   |   Dilihat 165 kali   |   Baca
PUSTAKAWAN DESA DI LUMAJANG MENDAPAT BIMTEK PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN ......................................................................................................