2019-09-10   |   Dilihat 63 kali
LCM DIHARAPKAN MELAHIRKAN MAKANAN KHAS LOKAL LUMAJANG BERBASIS B2SA
Foto : Dok. Bag. Humas & Protokol-lmj

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati (Bunda Indah) berharap Lomba Cipta Menu melahirkan makanan khas Lumajang yang dapat diunggulkan. Hal itu disampaikannya saat menghadiri Lomba Cipta Menu (LCM) Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Berbasis Aksi Gerakan Kembali ke Pangan Lokal (Si Gempal) di Kantor Dinas Ketahanan Pangan Lumajang, Selasa (10/09/2019).

"Saya berharap ini bukan hanya sekedar lomba, maksudnya adalah untuk menciptakan satu makanan khas Lumajang," ujarnya.

Bunda Indah berharap kedepan Dinas Ketahanan Pangan dapat bersinergi dengan instansi terkait untuk terus meningkatkan kreativitas dalam mengolah dan menciptakan menu pangan lokal khas Lumajang. Disamping meningkatkan ketahanan pangan Lumajang, terciptanya menu yang beragam tentunya memiliki orientasi bisnis yang berdampak pada pendapatan masyarakat Lumajang.

"Beberapa waktu yang lalu, saya dan Pak Bupati menemukan nasi bungkus hijau, bahannya ternyata dari kelor, bagaimana kalau nasi kelor menjadi khas kita, ini maksud saya yang harus terus digali, nanti sambil dipikirkan cari nama yang lebih menjual agar booming," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Bunda Indah juga berharap agar masyarakat dapat mencontoh Kantor Dinas Ketahanan Pangan yang memanfaatkan halaman kantornya dengan tanaman - tanaman sayuran. Menurutnya apabila ini dicontoh, tidak hanya menjadikan halamannya lebih asri, tetapi juga dapat menunjang perekonomian keluarga.

"Saya berharap tidak hanya disini saja, supaya ini dicontoh, melalui PKK Pokja III yang ada di Kecamatan dan Desa bisa memberdayakan, bisa mencontoh, masyarakat bisa memanfaatkan pekarangan, ini remeh tetapi kalau dimanfaatkan di pekarangan masing-masing itu akan sangat membantu menghemat perekonomian keluarga," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua TP. PKK Kabupaten Lumajang, Ny. Musfarinah Thoriq mengapresiasi kegiatan ini. Ia berharap, kolaborasi Dinas Ketahanan Pangan, Tim Penggerak PKK dengan pengusaha catering di kecamatan masing-masing dapat meningkatkan kreativitas dan menggali potensi pangan Lumajang sesuai ketentuan B2SA.

"Bagaimana Dinas Ketahanan Pangan beserta Tim Penggerak PKK mampu mengangkat makanan khas Lumajang," ujarnya.

Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lumajang, Sutan Wardono menjelaskan, Lomba Cipta Menu tahun ini tidak hanya melibatkan Tim Penggerak PKK namun juga melibatkan pengusaha catering untuk menciptakan menu olahan khas Lumajang.

Lomba Cipta Menu tahun ini berhasil diraih oleh Kecamatan Senduro sebagai juara umum. Sedangkan untuk Kategori Resep Makanan Utama, Juara 1,2&3 masing-masing diraih oleh Kecamatan Klakah, Kedungjajang dan Gucialit.

Untuk kategori Resep Makanan Sayur & Buah, Juara 1,2&3 masing-masing diraih oleh Kecamatan Candipuro, Pasirian dan Sumbersuko. Kategori Resep Makanan Lauk Pauk, Juara 1,2&3 masing-masing diraih oleh Kecamatan Tempursari, Padang dan Sukodono. (Kominfo-lmj)

05 September 2019   |   Dilihat 237 kali   |   Baca
PROGRAM KOTAKU, MEMBANGUN NEGERI DARI LORONG SEMPIT ......................................................................................................
04 September 2019   |   Dilihat 94 kali   |   Baca
ANAK LUMAJANG, BERANI JUJUR ITU HEBAT ......................................................................................................
03 September 2019   |   Dilihat 93 kali   |   Baca
KEMAJUAN DAN KEKUATAN PEREKONOMIAN INDONESIA HARUS DITOPANG DENGAN PERILAKU ANTI KORUPSI ......................................................................................................
01 September 2019   |   Dilihat 82 kali   |   Baca
PJ. SEKDA KAGUM DENGAN KEMERIAHAN PERINGATAN TAHUN BARU ISLAM DI KLANTING ......................................................................................................
02 September 2019   |   Dilihat 78 kali   |   Baca
LUMAJANG MENJADI TITIK KE 20 ROADSHOW BUS KPK 2019 ......................................................................................................