2019-11-07   |   Dilihat 309 kali
BUPATI DAN WABUP BUKA FESTIVAL PAK MA'AJEH PERDANA
Foto : Dok. Bag. Humas & Protokol-lmj

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (Cak Thoriq) beserta Wakil bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) membuka Festival PAK MA'AJEH atau Pakenal Manecuna Dejeh perdana, di kawasan wisata Ranu Klakah, Kec. Klakah, Kab. Lumajang, Kamis (07/11/2019). Kegiatan ini merupakan festival gabungan dari 4 Kecamatan penghasil buah manecu di wilayah utara Lumajang, yakni Kec. Klakah, Randuagung, Ranuyoso dan Kedungjajang.

Dalam sambutannya, Cak Thoriq menyampaikan bahwa pengembangan potensi dilakukan merata termasuk wilayah utara. Ia mengapresiasi festival ini karena dapat mengangkat potensi produk unggulan di Lumajang.

Bupati juga menambahkan bahwa nantinya peningkatan potensi unggulan di wilayah utara Lumajang akan lebih dioptimalkan. Peningkatan tersebut ditunjang dengan peningkatan infrastruktur agar distribusi dan pengenalan potensi produk pertanian seperti manecu tersebut dapat dimaksimalkan.

"Kami yakin potensi produksi buah di wilayah utara Lumajang sangat luar biasa. Namun, harus didukung dengan infrastruktur yang memadai" ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bunda Indah mengungkapkan bahwa wilayah utara menjadi salah satu penghasil manecu terbesar. Ia berharap inovasi para Camat dengan gelaran festival ini dapat ditiru di tempat lain agar produk unggulan pertanian di Lumajang semakin dikenal masyarakat luas.

"Ini adalah apresiasi dari kami, atas prestasi dari seluruh camat di wilayah utara, yang telah berinovasi atas produk yang harus disebarkan dan dipublikasikan," pungkas Cak Thoriq.

Sementara itu, Yoga Pratomo, Camat Klakah menyampaikan bahwa pihaknya sengaja menggunakan istilah Festival Pakenal Manecuna Dejeh yang berarti mengenalkan manecu dari utara agar nuansa lokal semakin kental. Ia juga menjelaskan Festival ini akan dilaksanakan rutin tiap tahun dengan lokasi yang bergantian.

"Kami sengaja tidak menggunakan jargon atau nama kebarat-baratan tapi kami memakai bahasa madura yang ada di utara, dengan harapan kecamatan yang ada di utara semakin maju," harapnya.

Pada acara tersebut, dilaksanakan pula penyerahan trophy, piagam, serta uang pembinaan, kepada para pemenang lomba fotografi tema manecu, lomba buah manecu unggulan, dan lomba olahan makanan/minuman dari buah manecu. (Kominfo-lmj)

15 Februari 2020   |   Dilihat 243 kali   |   Baca
WABUP HARAPKAN KOTAKU HILANGKAN PEMUKIMAN KUMUH ......................................................................................................
11 Februari 2020   |   Dilihat 230 kali   |   Baca
PENDAMPING DESA HARUS MENGHASILKAN DAMPAK POSITIF TERHADAP PROGRAM PRIORITAS DI DESA ......................................................................................................
03 Februari 2020   |   Dilihat 192 kali   |   Baca
PEMADAM KEBAKARAN BERHASIL JINAKAN JAGO MERAH DI RANUYOSO ......................................................................................................
01 Februari 2020   |   Dilihat 184 kali   |   Baca
PEMERINTAHAN DESA HARUS BERJALAN DENGAN OPTIMAL ......................................................................................................
03 Februari 2020   |   Dilihat 169 kali   |   Baca
PERANGKAT DAERAH DIHARAPKAN LEBIH TINGKATKAN AKUNTABILITAS KINERJANYA ......................................................................................................