2019-11-11   |   Dilihat 249 kali
PUSTAKAWAN DESA DI LUMAJANG MENDAPAT BIMTEK PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN
Foto : Dok. Dinas Kearsipan & Perpustakaan-lmj

Untuk meningkatkan peran dan kapasitas petugas pengelola perpustakaan (Pustakawan) dan rumah baca di desa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Perpustakaan Tahun 2019, bertempat di Gedung Panti PKK Lumajang, Senin (11/11/2019).

Asisten Administrasi Setda Kabupaten Lumajang Nugroho Dwi Atmoko saat membuka acara mengatakan, bahwa saat ini perpustakaan di Lumajang mulai bertransformasi untuk menerapkan sistem perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Menurutnya, dengan menerapkan sistem tersebut, maka perpustakaan dapat memfasilitasi masyarakat untuk mengembangkan potensinya dengan melihat keragaman budaya, kemauan untuk menerima perubahan, menawarkan kesempatan berusaha, serta melindungi budaya dan hak asasi manusia (HAM).

“Untuk itu, dengan diterapkannya sistem pepustakaan berbasis inklusi sosial, kami harap layanan perpustakaan dan koleksinya dapat dimanfaatkan oleh semua lapisan masyarakat seoptimal mungkin hingga ke pedesaan,” katanya.

Selain itu, disampaikan Nugroho, bahwa saat ini Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Lumajang juga telah menyediakan tempat untuk berbagi pengalaman, ruang belajar yang kontekstual serta tempat berlatih keterampilan di Rumah Pintar.

“Saat ini, Perpusda telah menyediakan tempat untuk berbagi ilmu dan pengalaman. Dan, disana juga melibatkan pemuda, perempuan dan pelaku UMKM sehingga diharapkan nantinya mampu meningkatkan kunjungan pemustaka ke perpustakaan, yang muaranya akan memberikan impact untuk kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Ia menambahkan, bahwa saat ini Perpusda juga telah berinovasi menyediakan literasi digital agar masyarakat mudah mengakses buku-buku yang ingin dibacanya. “Perpusda telah menyediakan e-book sekitar 1.500 judul buku, 4.000 eksemplar. Dan, masyarakat dapat mengaksesnya secara langsung melalui smartphone android yang dimilikinya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengembangan dan Otomasi Petpustakaan Dinas Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang Neneng Yuniasih dalam laporannya menyampaikan, tujuan bimtek tersebut adalah untuk meningkatkan keterampilan pengelola perpustakaan dalam mengelola perpustakaan desa dan kelurahan.

Ia juga menyampaikan, bahwa bimtek tersebut diselenggarakan selama dua hari, yang dimulai 11-12 November 2019, dan diikuti oleh sekitar 150 orang peserta, yang terdiri dari Petugas Pengelola Rumah Baca dan Perpustakaan Kelurahan/Desa, serta Pengelola Perpustakaan Perangkat Daerah dan sekolah tingkat SD, SMP, SMA, SMK di Kabupaten Lumajang.

Bimtek tersebut menghadirkan narasumber Tutik Endriyani, Malikha Rustya, dan Cindy Vionariska selaku Pustakawan Perpusda Kabupaten Lumajang, dan Yuli Astuti selaku Ketua Perpustakaan Desa "Tunas Bangsa" Desa Pandanwangi Kecamatan Tempeh. (Kominfo-lmj)

07 Juli 2020   |   Dilihat 252 kali   |   Baca
BATIK SEKAR SRITI, BERSEMI DI TENGAH PANDEMI ......................................................................................................
01 Juli 2020   |   Dilihat 226 kali   |   Baca
KAMPUNG BUNGA DI LUMAJANG DIHARAPKAN MILIKI DAYA TARIK BAGI WISATAWAN ......................................................................................................
04 Juli 2020   |   Dilihat 208 kali   |   Baca
BUMDES SUKOSARI TAWARKAN SPOT FOTO RUMAH POHON ......................................................................................................
04 Juli 2020   |   Dilihat 184 kali   |   Baca
KEBERADAAN KAMPUS UIN DI LUMAJANG DIHARAPKAN MAMPU TINGKATKAN IPM DAN TARAF HIDUP MASYARAKAT ......................................................................................................
03 Juli 2020   |   Dilihat 181 kali   |   Baca
KASUS COVID-19 DI LUMAJANG DIKLAIM MENUNJUKKAN ARAH POSITIF ......................................................................................................