2019-12-06   |   Dilihat 179 kali
INOVASI INCAR DIHARAPKAN MAMPU TINGKATKAN PRODUKTIVITAS PERTANIAN DI LUMAJANG
Foto : Dok. Bag. Humas & Protokol-lmj

Program Inovasi Irigasi Lancar (INCAR) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, diharapkan mampu meningkatkan produktivitas pertanian.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) saat meluncurkan Program Inovasi INCAR dan Peresmian Pekerjaan Rehabilitasi/Pemeliharaan Jaringan Irigasi Sumber Kokap Kabupaten Lumajang Tahun 2019, di Sendang Arya Wiraraja Lumajang, Jumat (06/12/2019).

Cak Thoriq juga menyampaikan, bahwa revitalisasi saluran irigasi dengan INCAR yang dilakukan oleh Dinas PUTR adalah dengan mendeteksi potensi saluran irigasi yang ada, untuk kemudian dioptimalan sebagai upaya untuk memaksimalkan produktivitas hasil pertaniannya.

"Kalau irigasi sudah lancar, harapan berikutnya adalah meningkatkan produktivitas dan kualitas, dengan menjadikan pertanian organik", ujarnya.

Selain itu, disampaikan Cak Thoriq, bahwa Pemkab Lumajang akan terus berupaya untuk mengembangkan pertanian organik, agar ke depan dapat bersaing dengan hasil pertanian dari daerah lain.

"Harapan kami ke depannya adalah untuk menjadikan Kabupaten Lumajang sebagai salah satu kota pemasok beras organik," katanya.

Sementara, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Lumajang Karna Suwandi mengungkapkan, bahwa potensi pengembangan pertanian organik di wilayah Kecamatan Kedungjajang saat ini cukup banyak, yakni mencapai sekitar 71 hektare.

"Untuk itu, kami mengharapkan agar terjalin sinergisitas yang baik antara Dinas PUTR dengan Dinas Pertanian dalam pengembangan potensi yang ada," ungkapnya.

Karna juga mengimbau, agar Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) untuk terus berkoordinasi dengan Korwil, dalam rangka memelihara jaringan irigasi yang telah direvitalisasi oleh Dinas PUTR.

"Kami harap agar ke depannya HIPPA punya rasa memiliki terhadap saluran irigasi yang ada, sehingga bisa melakukan perbaikan," ucapnya. (Bag. Humas & Protokol, Kominfo-lmj)

04 Januari 2020   |   Dilihat 274 kali   |   Baca
SEPAKAT, POLEMIK LOGO CITY BRANDING LUMAJANG EKSOTIK AKHIRNYA MENDAPAT TITIK TEMU ......................................................................................................
03 Januari 2020   |   Dilihat 241 kali   |   Baca
BUPATI UNDANG BB TNBTS KLARIFIKASI PEMBERLAKUAN TIKET ......................................................................................................
07 Januari 2020   |   Dilihat 207 kali   |   Baca
BUPATI RESMI LAUNCHING LOGO LUMAJANG EKSOTIK ......................................................................................................
08 Januari 2020   |   Dilihat 166 kali   |   Baca
BUPATI LANTIK 158 KEPALA DESA HASIL PEMILIHAN KADES SERENTAK ......................................................................................................
02 Januari 2020   |   Dilihat 156 kali   |   Baca
INTENSITAS HUJAN TINGGI, WABUP TINJAU SEJUMLAH TITIK RAWAN BANJIR DI LUMAJANG ......................................................................................................