2020-05-18   |   Dilihat 426 kali
BUPATI MENGKLARIFIKASI DAN EVALUASI TERKAIT RAMAINYA PEMBELI DI PERTOKOAN SAAT MENJELANG HARI RAYA IDUL FITRI
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Menyikapi adanya salah satu informasi terkait kerumunan atau berkumpulnya masa disalah satu pertokoan di Lumajang, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq didampingi Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati beserta Forkopimda lakukan rapat diskusi dengan pihak Graha Mulia (GM) guna mengklarifikasi dan evaluasi hal itu.

Dalam Kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan bahwa dengan padatnya pembeli di GM plaza yang ramai di media sosial, merupakan hal yang melanggar protokoler kesehatan dalam pencegahan wabah virus Corona. Ia juga beranggapan bukan hanya di GM saja yang terjadi kerumunan pembeli, tetapi di pertokoan lain juga terjadi hal serupa. Sebab disaat mendekati Hari Raya Idul Fitri, masyarakat pasti akan berbelanja untuk memenuhi semua kebutuhan dalam menghormati tamu yang akan bersilaturahmi atau melakukan halal bihalal.

"Dan bisa jadi di toko-toko yang lain di Kabupaten Lumajang juga abai terhadap seluruh proses pencegahan covid-19, walaupun sebenarnya kondisi ekonomi saat ini begitu stagnan dan disatu sisi masyarakat yang saat ini sudah menjadi tradisi hari raya untuk beli baju, belanja untuk persiapan menyambut hari raya Idul Fitri," ungkap Bupati saat rapat diskusi dengan pihak GM, bertempat di Peringgitan Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, (17/05/20) malam.

Guna mengantisipasi kondisi pertokoan yang ramai pembeli disaat menjelang hari raya Idul Fitri, Bupati menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Lumajang akan memberikan kebijakan khusus terkait proses pembelian di toko agar lebih fleksibel dan efektif ditengah pandemi covid-19.

"Hal ini akan dikaji lebih dalam, terutama pertokoan di wilayah perkotaan dan kecamatan yang saya ingin untuk betul-betul pada posisi kita (Pembak. Lumajang,red) berkebijakan mengatasi kondisi lokal yang ada di Kabupaten Lumajang," tegasnya.

Senada dengan Bupati, Indah Amperawati juga berharap agar semua pihak terutama pertokoan di Kabupaten Lumajang harus mengikuti semua peraturan dari Pemerintah dalam mendukung pencegahan virus Corona.

"Kami meminta kebijakan ini diikuti dengan kedisplinan, kesadaran serta bantuan semua pihak bahwa protokol kesehatan covid-19 harus benar-benar dilakukan," harap Wabup.

Sementara itu, Wakapolres Lumajang menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan dalam penanganan wabah virus Corona yakni kegiatan penyemprotan disinfektan, melakukan patroli di tempat-tempat yang ramai orang. Harapannya semua pihak dan masyarkat turut sadar serta ikut mendukung untuk mencegah penyebaran virus Corona.

"Kami dari Polres Lumajang akan terus mengamankan dan melaksanakan kebijakan Pemerintah dalam menangani pencegahan wabah virus Corona," ungkapnya.

Komandan Kodim 0821 Lumajang, Letkol Inf Ahmad Fauzi mengungkapkan bahwa kepada petugas yang ada di pertokoan atau perusahaan di Lumajang agar lebih tegas dalam mendisiplinkan atau mengingatkan para pengunjung untuk melaksanakan protokoler kesehatan covid-19, seperti menggunakan masker dan psycal distancing (jaga jarak), sebab hal itu sangat diperlukan agar tidak terjadi penambahan cluster baru disaat pandemi covid-19.

"Mari kita jaga sama-sama, mungkin sebagai penanggung jawab di mall atau pertokoan yang berperan aktif lebih tegas dalam menjaga kondisi pandemi covid-19 saat ini," ungkapnya.(Kominfo-lmj/Bob).

07 Juli 2020   |   Dilihat 252 kali   |   Baca
BATIK SEKAR SRITI, BERSEMI DI TENGAH PANDEMI ......................................................................................................
01 Juli 2020   |   Dilihat 227 kali   |   Baca
KAMPUNG BUNGA DI LUMAJANG DIHARAPKAN MILIKI DAYA TARIK BAGI WISATAWAN ......................................................................................................
04 Juli 2020   |   Dilihat 208 kali   |   Baca
BUMDES SUKOSARI TAWARKAN SPOT FOTO RUMAH POHON ......................................................................................................
04 Juli 2020   |   Dilihat 184 kali   |   Baca
KEBERADAAN KAMPUS UIN DI LUMAJANG DIHARAPKAN MAMPU TINGKATKAN IPM DAN TARAF HIDUP MASYARAKAT ......................................................................................................
03 Juli 2020   |   Dilihat 181 kali   |   Baca
KASUS COVID-19 DI LUMAJANG DIKLAIM MENUNJUKKAN ARAH POSITIF ......................................................................................................