2020-06-30   |   Dilihat 82 kali
PEMKAB LUMAJANG KEMBALI RAIH PREDIKAT OPINI WTP
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang kembali mendapatkan predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), dalam penyajian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Tahun Anggaran 2019.

“Pemerintah daerah sangat bersyukur bisa kembali mendapatkan WTP. Dan, hal inipun menjadi perstasi yang diperoleh bukan hanya oleh kepala daerah saja, melainkan semua pihak yang terlibat mulai dari DPRD dan Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Lumajang,” ungkap Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) saat dimintai keterangan usai video conference Penyerahan Predikat Opini WTP dari BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur, bertempat di Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang, Selasa (30/6/2020).

Bunda Indah berharap, dengan diraihnya predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK tersebut dapat menjadi penyemangat lebih baik untuk mempertahan, dalam menyajikan LKPD di tahun depan.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Lumajang Anang Akhmad Syaifuddin juga menyampaikan, bahwa dirinya memberikan apresiasi kepada Pemkab Lumajang atas capaian WTP tersebut.

Menurutnya, kerja sama yang baik antara DPRD Kabupaten Lumajang dengan BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur perlu untuk terus ditingkatkan, agar kinerja Pemkab Lumajang ke depan menjadi lebih baik.

"Kami mendukung dan apresiasi fungsi BPK dalam pemeriksaan. Kami juga selalu berharap agar ke depan Kabupaten Lumajang juga memperoleh kembali penilaian atau opini terbaik yaitu Wajar Tanpa Pengecualian atas LKPD yang disajikan. Dan, kami juga apresiasi Pemkab Lumajang, Bupati, Wakil Bupati dan jajarannya yang telah berupaya dengan baik mengawal akuntabilitas laporan keuangan," ujar dia.

Selain itu, disampaikan Anang, bahwa predikat opini WTP yang baik atas laporan keuangan bukanlah tujuan, tetapi setidaknya dengan adanya opini yang baik itu menunjukkan bahwa reformasi birokrasi berjalan dengan baik, untuk menuju reformasi yang bersih dan akuntabel.

"Kita berkewajiban untuk mencapai, mempertahankan serta terus meningkatkan. WTP memang tidak menjamin tidak ada penyimpangan, tetapi setidaknya temuan yang ada menjadi catatan BPK, untuk segera ditindak lanjuti," katanya.

Sementara itu, Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur Joko Agus Setyono menerangkan, bahwa pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) merupakan tugas konstitusional BPK, yang bertujuan untuk memberikan opini tentang kewajaran penyajian laporan keuangan.

"Seluruh pemerintah daerah di wilayah Provinsi Jawa Timur, termasuk Kabupaten Lumajang telah menyampaikan laporan keuangan tepat waktu. Dan, kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada kepala daerah dan jajarannya, yang telah serius dan konsekuen dalam menyusun laporan keuangan berbasis akrual secara tepat waktu," terang dia.

Ia menambahkan, bahwa berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan oleh BPK atas LKPD Kabupaten Lumajang TA 2019, termasuk implementasi atas rencana aksi yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah, maka BPK memberikan predikat Opini WTP kepada Pemkab Lumajang.

“Dengan diterimakannya kembali predikat Opini WTP tahun ini, maka Pemerintah Kabupaten Lumajang meraih predikat Opini WTP selama dua tahun berturut-turut,” imbuhnya. (Kominfo-lmj/Ad/An-m)

07 Juli 2020   |   Dilihat 252 kali   |   Baca
BATIK SEKAR SRITI, BERSEMI DI TENGAH PANDEMI ......................................................................................................
01 Juli 2020   |   Dilihat 226 kali   |   Baca
KAMPUNG BUNGA DI LUMAJANG DIHARAPKAN MILIKI DAYA TARIK BAGI WISATAWAN ......................................................................................................
04 Juli 2020   |   Dilihat 208 kali   |   Baca
BUMDES SUKOSARI TAWARKAN SPOT FOTO RUMAH POHON ......................................................................................................
04 Juli 2020   |   Dilihat 184 kali   |   Baca
KEBERADAAN KAMPUS UIN DI LUMAJANG DIHARAPKAN MAMPU TINGKATKAN IPM DAN TARAF HIDUP MASYARAKAT ......................................................................................................
03 Juli 2020   |   Dilihat 181 kali   |   Baca
KASUS COVID-19 DI LUMAJANG DIKLAIM MENUNJUKKAN ARAH POSITIF ......................................................................................................