2020-06-30   |   Dilihat 104 kali
HARGA GABAH DI LUMAJANG STABIL SELAMA PANDEMI COVID-19
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Harga gabah di Kabupaten Lumajang stabil meskipun di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini. Dan, untuk ketersediaan produksi pertanian tanaman padi juga dipasti diperkirakan aman.

“Untuk update harga per 30 Juni 2020, harga GKP (gabah kering panen, red) di beberapa wilayah Lumajang berkisar Rp4.600 per kilogram. Sedangkan, harga GKG (gabah kering giling, red) mencapai Rp5.500 per kilogram,” kata Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang Sudjono saat dimintai keterangan di kantornya, Selasa (30/6/2020).

Sudjono juga mengatakan, bahwa harga gabah untuk saat ini terbilang stabil menimbang saat ini dalam situasi pandemi virus corona atau Covid-19. Menurut dia, harga tersebut adalah harga wajar yang sama-sama menguntungkan, baik untuk petani maupun masyarakat atau konsumen.

“Di Lumajang, untuk tingkat petani, meskipun panen raya harga gabah tidak jatuh. Dan, di tingkat konsumen juga tidak terjadi lonjakan harga meskipun saat dalam masa pandemi Covid-19,” kata dia.

Selain itu, dikatakan Sudjono, bahwa panen di Lumajang dimulai pada bulan Maret 2020 lalu di sebagian kecil wilayah, adapun puncak panen terjadi antara bulan April 2020.

“Adapun luas panen padi bulan Maret ini adalah seluas 9.700 hektare, April 10.800 hektare, dan panen bulan Mei mencapai 7.000 hektare,” tuturnya.

Sudjono menambahkan bahwa memperkirakan produksi gabah, dirinya optimis ketersediaan pangan di Kabupaten Lumajang dapat terpenuhi. Pasalnya, musim hujan tahun ini diperkirakan normal, berbeda dengan tahun 2019 lalu yang musim hujannya pendek.

Menurut dia, cuaca sangat berpengaruh terhadap produksi gabah di sebuah kawasan. Pasalnya, kekurangan air terutama di sawah tadah hujan sangat mempengaruhi produksi gabah. Selain itu, keberadaan organisme pengganggu tanaman (OPT), serta tata kelola pertanian juga menjadi faktor penunjang lainnya.

“Pasca panen juga menjadi faktor lain yang berpengaruh terhadap kualitas gabah dan beras di sebuah daerah,” pungkasnya. (Kominfo-lmj/Ard/An-m)

07 Juli 2020   |   Dilihat 252 kali   |   Baca
BATIK SEKAR SRITI, BERSEMI DI TENGAH PANDEMI ......................................................................................................
01 Juli 2020   |   Dilihat 226 kali   |   Baca
KAMPUNG BUNGA DI LUMAJANG DIHARAPKAN MILIKI DAYA TARIK BAGI WISATAWAN ......................................................................................................
04 Juli 2020   |   Dilihat 208 kali   |   Baca
BUMDES SUKOSARI TAWARKAN SPOT FOTO RUMAH POHON ......................................................................................................
04 Juli 2020   |   Dilihat 184 kali   |   Baca
KEBERADAAN KAMPUS UIN DI LUMAJANG DIHARAPKAN MAMPU TINGKATKAN IPM DAN TARAF HIDUP MASYARAKAT ......................................................................................................
03 Juli 2020   |   Dilihat 181 kali   |   Baca
KASUS COVID-19 DI LUMAJANG DIKLAIM MENUNJUKKAN ARAH POSITIF ......................................................................................................