2020-06-30   |   Dilihat 198 kali
INI SYARAT PEMERIKSAAN RAPID TEST GRATIS BAGI MASYARAKAT LUMAJANG
Foto : Dok. Kemenkes-RI

Sebagai upaya percepatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang akan memfasilitasi pemeriksaan Rapid Test secara gratis untuk masyarakat Lumajang.

“Jadi mulai Rabu (1/7/2020) besok, masyarakat Lumajang dapat memeriksakan diri untuk Rapid Test gratis yang difasilitasi pemerintah daerah. Nanti, bisa langsung datang ke Laboratorium Kesehatan Kabupaten Lumajang, di Jl. Sunandar Priyosudarmo No. 125 Kecamatan Sukodono,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang dr. Bayu Wibowo Ignasius saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Selasa (30/6/2020).

dr. Bayu juga menyampaikan, bahwa kegiatan pemeriksaan Rapid Test gratis akan berlangsung setiap hari Senin hingga Jumat, yang dimulai pukul 07.30 – 11.00. Dan untuk pemeriksaan, Dinas Kesehatan akan membatasi jumlah orang yang diperiksa, yakni maksimal 30 pemeriksaan untuk setiap harinya.

“Untuk jumlah nanti yang diperiksa setiap harinya akan dibatasi 30 orang saja, karena keterbatasan tenaga medis dan menyesuaikan dengan jumlah persediaan alat Rapid Test yang ada. Jadi, silahkan mendaftar segera, dan untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi 0821-4340-5997,” kata dia.

Adapun persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi diantaranya, masyarakat Lumajang yang akan periksa nanti dapat dibuktikan dengan melampirkan e-KTP atau KK. Dan, untuk sasaran yang diutamakan adalah Calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan di kabupaten/kota yang mewajibkan pelaksanaan Rapid Test, dengan membuktikan berkas pendaftaran calon mahasiswa.

Dan, mahasiswa yang akan melanjutkan Pendidikan di kabupaten/kota yang mewajibkan pelaksanaan Rapid Test, dengan menunjukan Kartu Tanda Mahasiswa yang masih berlaku, Santri yang akan kembali ke Pondok Pesantren di kabupaten/kota yang mewajibkan pelaksanaan Rapid Test, dengan menunjukan kartu atau identitas santri yang masih berlaku.

Kemudian, untuk pekerja informal menuju kabupaten/kota yang mewajibkan Rapid Test sebagai syarat utamanya harus menunjukan (surat jalan/surat keterangan kerja dari perusahaan/ tempat kerja).

Ia menambahkan, bahwa pemeriksaan dapat dilaksanakan dua hari sebelum hari keberangkatannya ke luar kota, karena Surat Keterangan Rapid Test hanya berlaku 14 hari setelah dilakukan tes.

“Jadi, ini pemeriksaan ini hanya bisa dilakukan dua hari sebelum berangkat ke luar kota. Dan, pemeriksaan gratis ini berlaku hanya satu kali Rapid Test untuk satu orang,” pungkasnya. (Kominfo-lmj/An-m)

07 Juli 2020   |   Dilihat 252 kali   |   Baca
BATIK SEKAR SRITI, BERSEMI DI TENGAH PANDEMI ......................................................................................................
01 Juli 2020   |   Dilihat 226 kali   |   Baca
KAMPUNG BUNGA DI LUMAJANG DIHARAPKAN MILIKI DAYA TARIK BAGI WISATAWAN ......................................................................................................
04 Juli 2020   |   Dilihat 208 kali   |   Baca
BUMDES SUKOSARI TAWARKAN SPOT FOTO RUMAH POHON ......................................................................................................
04 Juli 2020   |   Dilihat 184 kali   |   Baca
KEBERADAAN KAMPUS UIN DI LUMAJANG DIHARAPKAN MAMPU TINGKATKAN IPM DAN TARAF HIDUP MASYARAKAT ......................................................................................................
03 Juli 2020   |   Dilihat 181 kali   |   Baca
KASUS COVID-19 DI LUMAJANG DIKLAIM MENUNJUKKAN ARAH POSITIF ......................................................................................................