2020-07-04   |   Dilihat 245 kali
KEBERADAAN KAMPUS UIN DI LUMAJANG DIHARAPKAN MAMPU TINGKATKAN IPM DAN TARAF HIDUP MASYARAKAT
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Keberadaan Kampus Universitas Islam Negeri di Kabupaten Lumajang diharapkan agar nantinya akan ada percepatan pertumbuhan ekonomi, serta meningkatkan sumber daya manusia dan taraf hidup masyarakat.

"Kami harap, dibangunnya sebuah Kampus Universitas Negeri di Lumajang nanti dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia, red) dan taraf hidup masyarakat yang lebih baik lagi ke depannya," kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) dalam acara Silaturrahmi Ulama Kabupaten Lumajang dan Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jawa Timur, bertempat di halaman Belakang Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Jumat (3/7/2020) malam.

Cak Thoriq juga menyampaikan, bahwa Kampus IAIN Jember nantinya akan beralih status menjadi UIN KH. Achmad Siddiq yang tepatnya dibangun di Desa Burno Kecamatan Senduro, dengan luas lokasi sekitar 50 hektare. Dan, menurut informasi yang diterima, kampus tersebut nantinya akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo.

"Rektor IAIN Jember Prof. Babun sudah menyampaikan komitmen kepada saya, untuk kampus UIN KH. Achmad Siddiq yang ada di Lumajang nanti karena lebih luas, maka seluruh fakultasnya adalah Fakultas Islamic Studies atau kajian islam, untuk fakultas agama akan tetap berada di Jember," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jawa Timur Ahmad Zayadi mengungkapkan, bahwa dirinya mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Lumajang atas program-program kemitraan dengan madrasah dan pesantren.

Lanjut dia, harapannya ke depan kabupaten/kota seluruh Jawa Timur dapat mengadopsi atau meniru program Pemerintah Kabupaten Lumajang yang luar biasa. Menurutnya, dalam rangka penguatan moralitas bangsa, maka membangun infrastruktur sosial keagamaan sama pentingnya dengan membangun infrastruktur fisik.

"Harapan kami, apa yang dilakukan oleh Bupati Lumajang ini menjadi contoh untuk kabupaten/kota yang lain, baik di Jawa Timur maupun diluar Jawa Timur. Mudah-mudahan Lumajang bisa mewarnai Jawa Timur bahkan Indonesia," ungkap dia.

Sementara itu, Prof. Babun yang juga Ketua Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia menerangkan, bahwa dalam waktu dekat IAIN Jember akan beralih status menjadi UIN KH. Achmad Siddiq.

"Prodi (program studi, red) agama ada di Jember, dan prodi umum nanti insyaallah akan kami tempatkan di Kabupaten Lumajang," terangnya. (MC Kab. Lumajang/Ad/An-m)

Pengukuhkan, Pelantikan dan Pengambilan sumpah jabatan kepada Pejabat Struktural di lingkup PemDa KAB. Lumajang
30 Juli 2020
Foto Lainnya

30 Juli 2020
Video Lainnya
06 Agustus 2020   |   Dilihat 276 kali   |   Baca
LUMAJANG RAIH PENGHARGAAN WAJAH BAHASA SEKOLAH TAHUN 2020 TINGKAT PROVINSI JAWA TIMUR ......................................................................................................
02 Agustus 2020   |   Dilihat 183 kali   |   Baca
MINUM TEH DAUN KELOR, INI MANFAAT YANG BISA DIDAPAT ......................................................................................................
02 Agustus 2020   |   Dilihat 165 kali   |   Baca
IDE INOVATIF WARGA ASAL LUMAJANG, UBAH KAYU BEKAS JADI KARYA SENI ......................................................................................................
03 Agustus 2020   |   Dilihat 151 kali   |   Baca
PEMUDA DI DESA PENANGGAL MANFAATKAN BAMBU DAN ABU JERAMI JADI PRODUK KERAJINAN TANGAN BERNILAI JUAL ......................................................................................................
03 Agustus 2020   |   Dilihat 144 kali   |   Baca
RANU LINGGO REKISI, EKOWISATA SEMERU SELATAN ......................................................................................................