2020-07-05   |   Dilihat 149 kali
PEKERJA DI LUMAJANG DIAJAK IKUT JAMINAN SOSIAL TENAGA KERJA
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) mengajak agar seluruh pekerja di Kabupaten Lumajang untuk mengikuti kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, sehingga nantinya pekerja mendapatkan jaminan dan perlindungan sosial.

"Kita ingin semua pekerja segera mengikuti BPJS Ketenagakerjaan, baik di bawah koordinasi Kepala PD (Perangkat Daerah, red), Guru PAUD, Yayasan Pendidikan, perusahaan - perusahaan, penambang pasir, pekerja sosial, serta kelompok-kelompok kerja yang lain," kata dia dalam acara Forum Group Discussion (FGD) BPJS Ketenagakerjaan bersama Pemerintah Kabupaten Lumajang, bertempat di Loji Dusun Tawon songo Kecamatan Pasrujambe, Sabtu (4/7/2020).

Bunda Indah juga mengatakan, bahwa jika semua pekerja di Lumajang telah tercover BPJS Ketenagakerjaan, tentunya para pekerja juga akan lebih merasa aman dan tidak perlu khawatir jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Lanjut dia, adapun maanfaat yang akan diterima nanti saat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan diantaranya, seperti jaminan hari tua, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian serta jaminan pensiun. Tak hanya itu, iuran dalam BPJS ini juga telah dinilai rendah.

"Jadi ini iurannya tidak mahal, dan manfaatnya banyak. Itu sebabnya, saya ingin mengajak dan mengharapkan agar seluruh pekerja di Lumajang mendapatkan jaminan dan perlindungan sosial tenaga kerja," ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa untuk para pekerja yang berada di bawah koordinasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), dianjurkan untuk mengikutsertakan perangkat di seluruh pemerintah desa, yang terdiri dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD), RT/RW serta perangkat lainnya pada tahun yang akan datang.

"Jadi ini hanya sebagian desa, dan tidak banyak yang ikut. Nah tahun depan saya harapkan agar semua pemerintah desa harus mengikutsertakan BPD dan RT/RW nya," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jember Edy Suryono menerangkan, bahwa pihaknya akan mendukung langkah-langkah pemerintah dalam menganjurkan para pekerja untuk mengikuti BPJS Ketenagakerjaan.

"Jadi pelaku usaha di Lumajang dari semuanya ya, baik yang formal maupun in-formal itu memang tidak lupa dari dukungan pemerintah daerah, dan itu sebabnya kita akan dukung, kemudian pelaku usahanya juga akan kita bantu," katanya.

Dirinya berharap, agar nantinya semua pelaku usaha di Kabupaten Lumajang dapat masuk dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, baik formal maupun in-formal. (Kominfo-lmj/Ard/An-m)

Pengukuhkan, Pelantikan dan Pengambilan sumpah jabatan kepada Pejabat Struktural di lingkup PemDa KAB. Lumajang
30 Juli 2020
Foto Lainnya

30 Juli 2020
Video Lainnya
06 Agustus 2020   |   Dilihat 276 kali   |   Baca
LUMAJANG RAIH PENGHARGAAN WAJAH BAHASA SEKOLAH TAHUN 2020 TINGKAT PROVINSI JAWA TIMUR ......................................................................................................
02 Agustus 2020   |   Dilihat 182 kali   |   Baca
MINUM TEH DAUN KELOR, INI MANFAAT YANG BISA DIDAPAT ......................................................................................................
02 Agustus 2020   |   Dilihat 164 kali   |   Baca
IDE INOVATIF WARGA ASAL LUMAJANG, UBAH KAYU BEKAS JADI KARYA SENI ......................................................................................................
03 Agustus 2020   |   Dilihat 151 kali   |   Baca
PEMUDA DI DESA PENANGGAL MANFAATKAN BAMBU DAN ABU JERAMI JADI PRODUK KERAJINAN TANGAN BERNILAI JUAL ......................................................................................................
03 Agustus 2020   |   Dilihat 143 kali   |   Baca
RANU LINGGO REKISI, EKOWISATA SEMERU SELATAN ......................................................................................................