2020-07-07   |   Dilihat 358 kali
BATIK SEKAR SRITI, BERSEMI DI TENGAH PANDEMI
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Pandemi Covid-19 memukul telak semua sektor perekonomian di berbagai daerah, tidak terkecuali di Lumajang. Namun hal itu tidak bagi Batik Sekar Sriti yang beralamat di Dusun Jago Kereng, Desa Taman Ayu Kecamatan Pronojiwo.

Diungkapkan pendiri Batik Sekar Sriti, Sakinah bahwa batik yang dikelolanya kini justru menjadi peluang usaha baru bagi masyarakat. Masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat mewabahnya Covid-19 merasa terbantu dan beralih menekuni usaha baru sebagai pembatik.

“Justru Sekar Sriti bersemi di musim pandemi, kami lahir di awal Maret ternyata alhamdulillah pesanan terus ada sampai sekarang,” ujar Sakinah saat ditemui di Gallery Batik Sekar Sriti, Selasa (07/07/2020).

Sakinah yang juga merupakan pengelola Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Desa Taman Ayu menjelaskan bahwa Batik Sekar Sriti didirikan atas keinginannya untuk membuka peluang usaha baru bagi ibu-ibu wali murid di tempatnya mengajar.

Selain itu, usaha batik menurutnya sebagai upaya melestarikan warisan budaya nusantara dan mengenalkan kearifan lokal Pronojiwo. Ia mengungkapkan, selain dijual di Lumajang, kini usaha batiknya mulai merambah ke luar kota bahkan ke luar negeri seperti Kalimantan, Banyuwangi, Gresik, Surabaya, Malang dan Pakistan.

“Kami juga ingin mengangkat kearifan lokal budaya yang ada di Pronojiwo melalui batik, melestarikan warisan budaya nusantara melalui batik kami,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kec. Pronojiwo, Nurlaila mengapresiasi usaha yang digeluti oleh Sakinah. Ia berharap Batik Sekar Sriti semakin maju sehingga mampu menarik lebih banyak tenaga kerja bagi masyarakat di Pronojiwo.

“Karena ini masih awal mudah-mudahan lebih lancar dan lebih banyak karyawan yang membatik dan lebih maju lagi Batik Sekar Sriti,” harapnya. (Kominfo-lmj/ ydc)

Pengukuhkan, Pelantikan dan Pengambilan sumpah jabatan kepada Pejabat Struktural di lingkup PemDa KAB. Lumajang
30 Juli 2020
Foto Lainnya

30 Juli 2020
Video Lainnya
06 Agustus 2020   |   Dilihat 276 kali   |   Baca
LUMAJANG RAIH PENGHARGAAN WAJAH BAHASA SEKOLAH TAHUN 2020 TINGKAT PROVINSI JAWA TIMUR ......................................................................................................
02 Agustus 2020   |   Dilihat 182 kali   |   Baca
MINUM TEH DAUN KELOR, INI MANFAAT YANG BISA DIDAPAT ......................................................................................................
02 Agustus 2020   |   Dilihat 164 kali   |   Baca
IDE INOVATIF WARGA ASAL LUMAJANG, UBAH KAYU BEKAS JADI KARYA SENI ......................................................................................................
03 Agustus 2020   |   Dilihat 151 kali   |   Baca
PEMUDA DI DESA PENANGGAL MANFAATKAN BAMBU DAN ABU JERAMI JADI PRODUK KERAJINAN TANGAN BERNILAI JUAL ......................................................................................................
03 Agustus 2020   |   Dilihat 143 kali   |   Baca
RANU LINGGO REKISI, EKOWISATA SEMERU SELATAN ......................................................................................................