MENIKMATI SUWEG DI ROWOBAUNG LERENG SEMERU
19 Juni 2020 | Dilihat 186 kali | Penulis Fadly . Redaktur
Foto : Dok. Kominfo-Lmj

Sejenak mengistirahatkan waktu di pinggiran kota merupakan pilihan yang pas untuk menghilangkan penat dalam rutinitas sehari-hari. Udara yang sejuk area pegunungan dan menu kuliner khas pedesaan tentu menambah nikmat saat rehat dari kesibukan duniawi.

Salah satu makanan yang perlu dicoba, Suweg kukus sambel bawang. Suweg, tumbuhan yang sering dijumpai dihampir disuluruh dataran tanah Pulau Jawa itu merupakan tanaman dari keluarga umbi-umbian yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Di daerah Rowobaung, Desa Pronojiwo - Kabupaten Lumajang, wilayah pinggiran yang jauh dari hiruk pikuk kehidupan perkotaan tepatnya di Lereng Gunung Semeru bagian selatan, Suweg kukus sering kali disajikan sebagai makanan suguhan untuk tamu bahkan ada beberapa masyarakat sekitar yang menggunakan Suweg kukus sebagai makanan pokok karena kandungan dan manfaatnya yang baik untuk tubuh.

Dilengkapi dengan sambel bawang khas daerah pegunungan Lumajang, Suweg kukus menjadi salah satu menu yang wajib dicoba saat berkunjung ke daerah Rowobaung, Desa Pronojiwo. Apalagi, ditambah nikmatnya suasana udara pegunungan yang sejuk serta menikmati panorama Gunung Semeru dari dekat, pasti akan menjadi pengalaman yang ingin terulang kembali.

Beberapa pengalaman yang disampaikan warga sekitar, Suweg kukus sambal bawang menjadi menu wajib beberapa wisatawan asing yang singgah di Desa Pronojiwo. Seperti yang telah diketahui bersama, saat ini wisatawan asing sudah banyak berlalu lalang disekitar wilayah Kecamatan Pronojiwo, untuk singgah menikmati panorama alam andalan Kabupaten Lumajang, seperti halnya Coban Sriti, Air Terjun Kapas Biru, Goa Tetes dan Tumpak Sewu yang sering disebut Niagaranya Indonesia. (Kominfo-lmj/Fd)