Tape Manis, Inovasi Pelayanan Publik Untuk Pasien Diabetes Mellitus
26 Agustus 2020 | Dilihat 132 kali | Penulis Fadly . Redaktur Fadly
Foto : Dok. Kominfo-Lmj

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq memaparkan Inovasi Pelayanan Publik "Tape Manis Rusa Pasir" Peningkatan Kepatuhan Diet Pasien Kencing Manis (Diabetes Mellitus) Rumah Sakit Umum Daerah Pasirian dalam Top 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Jawa Timur (KOVABLIK Jatim) 2020 melalui virtual di Ruang Rapat Mahameru, Kantor Bupati Lumajang, Rabu (26/8/2020).

Bupati yang dalam kesempatan itu didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang dan Direktur RSUD Pasirian menjelaskan Inovasi Tape Manis Rusa Pasir adalah salah satu bentuk inovasi pelayanan jajaran RSUD Pasirian terhadap banyaknya kasus Diabetes Mellitus yang saat ini menduduki peringkat ke 2 penyakit yang tertinggi di Lumajang.

"Insipirasi internal atas kegelisahan banyaknya kasus DM di Kabupaten Lumajang, dan para pasien tidak terkontrol makanannya, kami harus menyediakan pelayanan yang komprehensif agar dapat memenuhi kebutuhan diet secara benar," jelas Bupati.

Inovasi tersebut memberikan pengawasan terhadap pasien secara terjadwal dengan memperhatikan makanan yang dibawa oleh penjenguk pasien, serta memberikan edukasi kepada pasien dan keluarga terkait pentingnya diet DM.

Inovasi Tape Manis juga dilengkapi dengan buku petunjuk (DM Kit) serta aplikasi DM OTW yang bisa didapatkan di android melalui playstore.

Salah satu juri dalam Kovablik tersebut, Dina Limanto, menyebut inovasi Tape Manis Rusa Pasir merupakan salah satu inovasi yang luar biasa, sebagai bentuk perhatian rumah sakit daerah terhadap pasien yang menderita Diabetes Mellitus.

"Inovasi sangat luar biasa, ini mempunyai kepedulian khusus kepada pasien diabetes mellitus," terangnya. (Kominfo-Lmj/Fd).