Kenalkan Lumajang Lewat Senam
29 Agustus 2020 | Dilihat 310 kali | Penulis Fadly . Redaktur Fadly
Foto : Dok. Kominfo-Lmj

Galih Permadi, Praktisi Kesehatan dan Olahraga asal Kabupaten Lumajang telah menciptakan sebuah gerakan senam yang dipadukan dengan lagu Lumajang Sae (dipopulerkan Ali Melon dan Geranium Band).

Diberi nama Senam Lumajang Sae, gerakan senam tersebut mampu mencuri perhatian sebagian kalangan pegiat olahraga senam di Lumajang.

Menurut Galih, ide tersebut muncul saat banyak kegiatan dibatalkan akibat pandemi Covid-19, tidak hanya ingin berdiam diri, Galih yang juga ASN di Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lumajang memiliki ide untuk mencipatkan gerakan senam yang sederhana sehingga bisa diikuti oleh masyarakat secara mandiri di rumah.

"Ini ide di masa pandemi karena banyak kegiatan yang dibatalkan, Awalnya dari lagu dulu, kita kasih gerakan, dan itu juga sempat mendapatkan apresiasi pak bupati," jelasnya.

Galih membuat tutorial senam Lumajang Sae dalam video yang awalnya diupload di kanal Youtube pribadinya.

Dengan durasi 7 menit dan gerakan sederhana, Galih mengaku dirinya sempat pesimis dengan gerakan senam yang diciptakannya karena dianggap terlalu mudah. Namun, pandangan itu berubah ketika gerakan senam tersebut setiap hari jumat ditampilkan dan banyak orang terutama rekan instruktur senam yang juga ikut menggunakan gerakan senam lumajang sae.

Gerakan senam yang sederhana dengan lagu yang "easy listening" ternyata juga menarik minat instruktur lain dari luar daerah. Salah satunya, Team Premium Coaching Indonesia dari Pontianak yang akhirnya menampilkan senam Lumajang Sae di kegiatan virtual yang disiarkan langsung di 500 daerah seluruh Indonesia.

Galih berharap melalui senam, Kabupaten Lumajang juga dikenal sebagai daerah yang memiliki kreatifitas disegala bidang. Tidak hanya pada pariwisata, diharapkan Lumajang juga dikenal dari potensi olahraga dan seninya. (Kominfo-Lmj/Fd)