Wabup Paparkan Perkembangan Pelaksanaan RB & AKIP Di Hadapan Tim Evaluator Kemenpan RB
02 September 2020 | Dilihat 92 kali | Penulis Yongky . Redaktur Fadly
Foto : Dok. Kominfo-Lmj

Wakip Bupati Lumajang, Indah Amperawati memaparkan perkembangan pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) & Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) kepada Tim Evaluator RB & AKIP Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara ( Kemenpan RB) melalui video conference yang diselenggarakan di Aula BPKD, Rabu (2/9/2020).

Dalam paparannya Wabup menjelaskan bahwa efektivitas dan efisiensi instansi pemerintah harus dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan. Ia menuturkan bahwa instansi pemerintahan dituntut mampu memberikan pelayanan yang baik dan hal itu dimulai dari pelayanan dari pegawai yang prima.

"Saya pastikan setiap pegawai yang dalam kondisi senang dan bahagia pasti akan memberikan pelayanan yang maksimal," tuturnya.

Wabup menjelaskan bahwa ada 3 isu strategis pada tahun 2020 yakni peningkatan penyelenggaraan pemerintahan dengan optimalisasi pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), peningkatan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat serta meningkatkan daya saing daerah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat.

"Berdasarkan isu strategis tersebut maka dirumuskan tema pembangunan Kabupaten Lumajang tahun 2020 yakni peningkatan kapasitas SDM, pertumbuhan yang berkualitas, berdaya saing dan penyelenggaraan pemerintahan serta pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat," jelas Bunda Indah.

Sementara itu, Tim Evaluator RB & AKIP Kemenpan RB, Alfian Lisdias Ismanto menjelaskan bahwa evaluasi dari Kemenpan RB tidak hanya menilai kemajuan akuntabilitas instansi pemerintah, namun juga memberikan solusi dalam bentuk pembinaan dan bimbingan teknis kepada instansi pemerintah untuk semakin meningkatkan kualitas manajemen kinerjanya. Ia menilai dari hasil paparan Wabup secara umum memiliki substansi yang baik.

"Kalau secara subtansi sangat baik, dengan berbagai inovasi pelayanan publik yang dimiliki Kabupaten Lumajang berarti sudah berusaha memenuhi kebutuhan masyarakatnya," ujarnya. (Kominfo-lmj/ydc)