Dinas Ketahanan Pangan Beri Pelatihan Budidaya Tanaman Organik secara Vertikultur
04 September 2020 | Dilihat 105 kali | Penulis KIM Desa Barat-lmj . Redaktur Anam

Sebagai upaya mendorong masyarakat untuk pemanfaatan lahan kosong di sekitar tempat tinggal, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Lumajang memberikan Pelatihan Budidaya Tanaman Organik secara Vertikultur kepada masyarakat, bertempat di Pendopo Kantor Camat Padang, Jumat (4/9/2020).

Saat kegiatan tersebut, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang Hertutik mengatakan, bahwa pemanfaatan lahan sempit dan pekarangan di sekitar tempat tinggal dapat dilakukan oleh siapapun, karena mempunyai potensi yang menghasilkan sehingga dapat meningkatkan ketahanan keluarga.

“Kita bisa memanfaatkan lahan kosong untuk menanam sayuran. Meskipun sempit, kita bisa menanam sayur dengan polyback atau media tanam lainnya, sehingga hasilnya nanti bisa dijual dan kita mendapat penghasilan, serta juga bisa dikonsumsi sendiri atau disedekahkan,” kata dia.

Menurutnya, dengan terus memberdayakan masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong, maka hal tersebut akan menjadi upaya bersama untuk dapat menggerakkan masyarakat untuk ikut dalam pembangunan daerah-daerah, dan masing-masing hasil akhir akan kembali kepada masyarakat itu sendiri.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Padang, Ketua Himbunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kecamatan Padang, dan peserta yang terdiri Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Padang.

Sementara itu, Camat Padang Jamak Nurwanto menerangkan, bahwa di wilayah Kecamatan Padang memiliki sampah jenis organik yang melimpah, sehingga dapat dijadikan sebagai pupuk yang menyuburkan tanaman, seperti sampah daun kering yang berguguran dengan dikelola melalui proses kompos, dan di sawah juga ada limbah organik seperti, sekem (kulit padi).

“Saya harap pelatihan ini dapat ikuti dengan baik, dan diambil ilmunya, sehingga lahan produktif yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Apalagi di massa pandemi Covid-19 sekarang ini tentu itu bisa meningkatkan ekonomi rumah tangga atau masyarakat. Makanya kita ajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan-lahan tersebut dengan menanam tanaman yang berumur pendek,” terang dia.

Ia menambahkan, bahwa di wilayah Kecamatan Padang, potensi pertaniannya juga sangat bagus. Oleh karena itu, harus didukung dan dipublikasikan oleh KIM pada masing-masing Desa, sehingga potensi yang ada di wilayah Kecamatan Padang dapat lebih dikenal lagi oleh masyarakat.

“Saya ingin, dengan banyak potensi di wilayah Kecamatan Padang, masyarakat dapat mengoptimalkannya, sehingga dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat,” terang dia. (Kominfo-lmj/KIM Desa Barat/Syaifunnuri/Aiken/An-m)