Berkarya dengan Foto Rusunawa, Pemuda Lumajang Juarai Lomba Fotografi Hapernas Tahun 2020
05 September 2020 | Dilihat 477 kali | Penulis Anam . Redaktur Anam
Foto : Dok. KemenPUPR-RI

Seorang Pemuda Asal Kabupaten Lumajang bernama Achmad Fahrur Rozi telah menerima penghargaan Lomba Foto dan Video di kancah Nasional, yakni di bidang Seni Fotografi, dengan obyek foto Rusunawa di Kabupaten Lumajang.

“Lomba Foto dan Video itu mengambil tema “Meraih Mimpi Rumah Pertama”, yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hapernas (Hari Perumahan Nasional, red) Tahun 2020 oleh Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR bersama Dari Balik Lensa,” kata Muhamad Aripin selaku Orangtua sekaligus Mentor dari Achmad Fahrur Rozi saat dimintai keterangan melalui telepon selulernya, Jumat (4/9/2020).

Aripin juga mengatakan, bahwa lomba tersebut dapat diikuti oleh mahasiswa maupun umum, dan pendaftarannya pun tidak dipungut biaya atau gratis. Menurutnya, lomba tersebut menjadi kesempatan yang bagus, karena dalam masa pandemi seperti ini bisa tetap berkarya melakukan hal yang bermanfaat, tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Saat ada informasi lomba itu, saya bersama putra mempelajari syarat dan ketentuan yang ada, dan karena temanya Meraih Mimpi Rumah Pertama, kami pun memutuskan untuk hunting foto ke proses pembangunan perumahan dan Bangunan Rusunawa (Rumah Susun Sederhana Sewa, red) di Lumajang,” ujar dia.

Adapun syarat dan ketentuan dalam lomba tersebut diantaranya, peserta merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), Karya yang dilombakan harus berdasarkan tema yaitu “Meraih Mimpi Rumah Pertama” dengan objek yang menunjukkan penggambaran tema.

Kemudian, Obyek harus berhubungan dengan rumah, pembangunan rumah, aktivitas di rumah atau interprestasi peserta akan tema “Meraih Mimpi Rumah Pertama”, Rumah yang dijadikan obyek bisa yang dibangun oleh PUPR, pengembang maupun masyarakat, Karya yang diikutsertakan belum pernah memenangi lomba-lomba sebelumnya, dan Sumber data yang digunakan harus berasal dari: https://www.pu.go.id/ dan https://perumahan.pu.go.id/.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya sangat bersyukur karena putranya dapat menghasilkan sebuah karya fotografi yang bermanfaat, dan juga berhasil meraih Juara Harapan dalam Penjurian dan Pengumuman Pemenang Lomba Foto Meraih Mimpi Rumah #1 (Pertama) untuk kategori mahasiswa.

“Saya sangat bersyukur, karena karya fotografi yang dihasilkan oleh putra saya mendapat Juara Harapan dalam penjurian dan pengumuman pemenang Lomba Foto Meraih Mimpi Rumah #1 (Pertama). Semoga bisa bermanfaat, serta mengangkat hasil-hasil pembangunan sarana dan prasarana di bidang perumahan dan pemukiman oleh Pemkab Lumajang,” harap dia. (Kominfo-lmj/An-m)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan