Pemuda Asal Lumajang Sukses Raih Juara Pemuda Pelopor 2020 Tingkat Jatim
09 September 2020 | Dilihat 118 kali | Penulis Ardi . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Pemerintah Kabupaten Lumajang memberikan apresi atas prestasi yang telah diraih oleh Asriafi ATH Thaq'ariq, pada lomba Pemuda Pelopor 2020 di tingkat Provinsi Jawa Timur.

Pasalnya, pemuda asal Kelurahan Rogotrunan tersebut, telah dinobatkan sebagai juara pertama Pemuda Pelopor di bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam, Pariwisata dan Lingkungan atas ide inovatinya melalui pembinaan, serta memberikan konstribusi yang bermanfaat bagi lingkungan.

"Alhamdulillah, Mas Thoriq ini kemarin mengikuti lomba pemuda pelopor dan berhasil menduduki juara pertama di bidang pengelolaan sumber daya alam, pariwisata dan lingkungan," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Lumajang Paimin saat dimintai keterangan di kantornya, Rabu (9/9/2020).

Paimin juga mengatakan, bahwa Dispora juga akan mendukung serta mendukung pemuda kelahiran Jakarta tersebut untuk naik ke tingkat nasional. Sebab, berkaitan dengan kriteria serta persyaratan, pria yang akrab di sapa Thoriq itu, telah dinilai sudah sangat memumpuni untuk melangkah ke tingkat nasional.

"Jadi kemarin kita sudah mengambil audio visual untuk dikirim ke tingkat nasional, mudah-mudahan ini bisa menjadi poin khusus untuk mas Thoriq terhadap ide inovatifnya dalam mengelola lingkungan, seperti di gang Ngadinem RW V Kelurahan Ditotrunan," ujar dia..

Sementara itu, Thoriq mengungkapkan, bahwa prestasi yang diperolehnya tersebut, merupakan murni aksi nyata kepedulian warga masyarakat terhadap lingkungan. "Jadi ini outputnya bukan reward atau penghargaan, tapi aksi nyata kepedulian lingkungan serta partisipasi dari masyarakat," terang dia.

Selain itu, diungkap Thoriq, bahwa dalam tahap penilaian lapangan (Fact Finding), ditentukan hanya diambil tiga besar, yakni terbaik I, II, III pada masing-masing bidang kepeloporannya. "Jadi setelah Fact Finding dengan lawannya dari Gresik. Alhamdulillah kami menempati juara satu, nah ini nanti diajukan dari Provinsi ke tingkat nasional," tuturnya.

Dirinya berharap, prestasi yang telah diraihnya tersebut dapat memotivasi para pemuda di Lumajang untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

Selain Thoriq, Wardatul Jannah asal Desa Selokbesuki, Kabupaten Lumajang juga meraih juara dua pada Bidang Inovasi Teknologi. (Kominfo-lmj/Ard/An-m)