Bupati Respon Keluhan Infrastruktur Pendukung Sektor Pertanian
18 September 2020 | Dilihat 101 kali | Penulis Fadly . Redaktur Fadly
Foto : Dok. Kominfo-Lmj

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menanggapi keluhan masyarakat soal pertanian di Desa Sukosari, Kecamatan Kunir. Infrastruktur yang belum memadai di area persawahan Dusun Sukolilo menjadi salah satu persoalan. Bupati menyebut adanya Covid-19 menjadi salah satu penghambat pembangunan infrastruktur. Selain itu, persoalan pupuk subsidi juga menjadi permasalahan yang disampaikan masyarakat kepada Bupati yang akrab disapa Cak Thoriq tersebut.

Namun demikian, pihaknya akan tetap melakukan koordinasi dengan jajaran terkait untuk penyelesaian permasalahan yang dihadapi masyarakat, termasuk berkoodinasi dengan jajaran pemerintah pusat.

"Nanti akan saya koordinasikan dengan pak kades, soal pengecoran jalan juga. Tahun ini memang berat, perencanaan anggaran sudah tidak normal, nanti tetap akan diupayakan untuk penyelesaiannya," ujar Bupati saat menghadiri kegiatan Padat Karya Normalisasi Saluran Irigasi di Desa Sukosari, Kecamatan Kunir, Jum'at (18/9/202).

Bupati menilai sudah banyak kemajuan dan pengembangan pertanian di Sukosari selama kurun waktu satu tahun terakhir. Untuk itu, Bupati mengapresiasi kinerja pemerintah desa dan partisipasi masyarakat dalam mencukupi kebutuhan sektor pertanian.

Disisi lain, Kepala Desa Sukosari, Iswanto mengatakan dirinya bersama masyarakat sering melakukan kegiatan bersama. Keterlibatan masyarakat dirasa mampu menumbuhkan rasa memiliki terhadap apa yang sudah dibangun. Soal pertanian, Iswanto menyebutkan sudah banyak perubahan baik, misalnya ketersediaan air untuk irigasi persawahan.

"Sukosari banyak kemajuan, dulu disini itu barongan, alhamdulillah sudah banyak dibangun saluran irigasi, pengairan sudah lancar," terangnya.

Meskipun demikian, masih ada beberapa sarana yang masih butuh dilakukan pembangunan seperti jalan rabat, pengecoran saluran irigasi dan penerangan jalan. Semua itu, sudah direncanakan melalui musyawarah desa, namun pelaksanaanya dilakukan secara bertahap sesuai dengan perencanaan. (Kominfo-Lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan