Ibnu Mpu Muda Penghasil Replika Senjata Tradisional
19 September 2020 | Dilihat 152 kali | Penulis Tomi . Redaktur Fadly
Foto : Dok. Kominfo-Lmj

Sejak umur 15 tahun Ibnu Baufi, Dusun Jurang Dawir Desa Mojosari Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang RW 22 RT 04 sudah menjadi pande besi, dirinya merupakan keturunan dari buyutnya dan sudah mempunyai kelebihan tahan terhadap panas bara api. Usaha pande besi dengan produk tama pembuatan samurai, keris, dan celurit Khas Lumajang dan jenis lainya dengan bahan besi aji, dan besi damaskus.

"Iya memang kakek saya dulu ada yang pande besi gaman seperti keris, samurai, dan lain-lain sampei sekarang ini", katanya saat di mintai penjelasan di tempat usahanya pada hari kamis (10/09/2020)

Ibnu Baufi ini setiap hari mampu menghasilkan 2-5 buah samurai dan alat sabit, cangkul dan lain lainya, dengan harga 300 - 700 perharinya sesuai dengan permitaan pembelinya. Ia mengaku usahanya bisa terus berjalan karena mengutamakan kualitas produk bahan miliknya.

"Sekarang penjualan sudah berjalan 2 tahun, dan saya juga menerima orderan dari luar jawa seperti Bali, Papua, Kalimantan, dan Sumatera",jelasnya.

Disisi lain Ibnu Baufi pengusaha pande besi menyampaikan proses pembuatannya sementara ini masih dengan manual, dengan kendala dari omset dan tempat yang ada saat ini sangat memperhatinkan oleh karna itu dirinya menginginkan usahanya berkembang.(Kominfo-Lmj/Tom)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan