Air Show Sikatan Daya 2020, Curi Perhatian Warga Lumajang
29 September 2020 | Dilihat 248 kali | Penulis Dika . Redaktur Fadly
Foto : Dok. Kominfo-Lmj

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq berkeinginan untuk menjadikan latihan tempur TNI yang melibatkan sejumlah pesawat tempur canggih menjadi atraksi wisata, mendapatkan sambutan positif dari masyarakat khususnya di Kabupaten Lumajang.

Terlihat ribuan warga yang berasal dari berbagai wilayah di Kabupaten Lumajang antusias untuk menyaksikan Latihan Manuver Lapangan Sikatan Daya Koops AU tahun 2020, latihan tersebut digelar oleh TNI AU Koopsau II Makassar dan Lanud Abdulrahman Saleh Malang, di Air Weapon Range (AWR) Pandanwangi Kabupaten Lumajang, Selasa (29/9/2020).

AWR Pandanwangi banyak dikenal oleh masyarakat Lumajang sebagai lapangan tembak, kawasan itu selalu menjadi tempat latihan untuk para penerjun TNI dan latihan pesawat tempur seperti saat ini.

"Latihan tempur seperti ini memang kerap kali mengundang antusias warga untuk menyaksikan. TNI AU yang latihan menggunakan pesawat tempur menjadi pertunjukan yang luar biasa, karena disini banyak orang tua bahkan anak-anak yang ikut menyaksikan," ujar salah satu warga usai menyaksikan latihan tempur TNI AU.

Latihan tempur yang digelar oleh TNI AU itu telah mencuri perhatian warga Kabupaten Lumajang. Pasalnya, latihan itu telah melibatkan beberapa alusista pesawat tempur yang dimiliki oleh TNI AU, yaitu Pesawat Tucano EMB-314, Pesawat C (Cassa) 212, Pesawat Hercules -130, Pesawat Heli SA-330/NAS -332/EC-120 B, Pesawat KC-130, Peswat T.50 Golden Eagle, Pesawat F-16, Pesawat Sukhoi 27/30, Pesawat Sukhoi 27/30, dan Pesawat Boim 737.

Dari pantauan, warga menyaksikan Manuver Lapangan Sikatan Daya yang dilakukan oleh TNI AU pada pukul 10.10 WIB dan selesai pukul 10.45 WIB. Meskipun warga mendatangi lokasi mulai pagi hari hingga rela menunggu dibawah terik matahari, namun hal itu tidak menyurutkan niat masyarakat Lumajang yang ingin menyaksikan secara langsung latihan tempur dari TNI baik dari segi kekuatan, kelebihan dan keistimewaan tentara nasional Indonesia terutama TNI AU.

Masih ditempat yang sama, ribuan warga Lumajang yang datang berusaha mengabadikan manuver pesawat tempur TNI angkatan Udara Republik Indonesia. Kegiatan tersebut juga dijaga ketat oleh jajaran TNI, Polri dan Pemkab Lumajang agar warga tetap menerapkan protokol kesehatan karena sudah disediakan tempat cuci tangan dan warga juga diwajibkan memakai masker.

Pada kesempatan tersebut, dilaksanakan juga penyerahan 200 paket sembako dan masker TNI AU peduli Covid-19, oleh Kaskoops II Marsma TNI Andi Kustoro kepada perwakilan masyarakat Desa Pandanwangi Kec. Tempeh, Desa Jatimulyo Kec. Kunir dan Desa Wotgalih Kec. Yosowilangun. (Kominfo-Lmj/ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan