Dana CSR, Bantu Masyarakat Atasi Persoalan Sampah
09 Oktober 2020 | Dilihat 256 kali | Penulis Fadly . Redaktur Fadly
Foto : Dok. Kominfo-Lmj

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati mengapresiasi keterlibatan PT. Grand Zam Zam Indonesia dalam pembangunan Tempat Penampungan Sementara (TPS) Banjarwaru. Menurutnya, pengelolaan sampah di Kabupaten Lumajang, tetap menjadi salah satu permasalahan yang tidak kunjung usai. Oleh karena itu, perlu adanya peran masyarakat dan keterlibatan stakeholder untuk mengatasi persoalan tersebut. Hal itu disampaikan Wakil Bupati Lumajang, saat meresmikan Tempat Penampungan Sementara (TPS) Banjarwaru, Jum'at (9/10/2020).

"Sampah ini persoalan yang tidak akan selesai, setiap orang akan memunculkan sampah setiap hari, kalau hanya mengandalkan DLH tidak akan selesai, harus ada kemauan yang baik dan ide dari masyarakat dan para pengusaha, seperti TPS Banjarwaru ini," pungkasnya.

Lebih lanjut, Wabup yang akrab disapa Bunda Indah itu juga berharap TPS Banjarwaru bisa dijadikan percontohan, utamanya untuk para developer property yang membangun perumahan di wilayah Kabupaten Lumajang.

"Ini adalah yang pertama, saya berharap akan diikuti oleh yang lain, ini pilot project, ini harus dicontoh oleh developer yang lain," ujarnya.

Sementara Kepala Desa Banjarwaru, Samsul Arifin mengatakan bahwa TPS Banjarwaru itu dibangun dengan menggunakan dana CSR PT. Grand Zam Zam Indonesia. Dirinya berharap adanya TPS Banjarwaru memberikan manfaat kepada masyarakat terkait pengelolaan sampah.

"Semoga TPS dibangun ini bisa dirasakan manfaatnya, sehingga juga masyarakat bisa semangat untuk Banjarwaru bersih," ujarnya.

Terkait TPS Banjarwaru, dirinya telah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang.

Di sisi lain, Direktur PT. Grand Zam Zam Indonesia, Ma'ruf Nidhomudin berharap pembangunan TPS Banjarwaru akan membantu masyarakat terkait pengelolaan sampah. Dirinya juga akan berkoordinasi dengan pemerintah desa lainnya terkait persoalan sampah.

"Kami juga terbantu, untuk warga perumahan juga turut memanfaatkan, nantinya kami juga akan berkoordinasi dengan pemangku wilayah setempat untuk pengolahan sampahnya," jelasnya. (Kominfo-Lmj/Fd).

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan