Longsor di Bumi Perkemahan, Wabup Minta Dilakukan Penghijauan
13 Oktober 2020 | Dilihat 127 kali | Penulis Fadly . Redaktur Fadly
Foto : Dok. Kominfo-Lmj

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati meninjau lokasi Bumi Perkemahan (Buper) Glagah Arum di Desa Kandang Tepus, Kecamatan Senduro menyusul terjadinya longsor beberapa waktu yang lalu. Selasa (13/10/2020).

Memasuki musim penghujan mengakibatkan beberapa wilayah di Kabupaten Lumajang rawan longsor. Dijelaskan Wabup, longsor yang terjadi di Bumi Perkemahan Glagah Arum disebabkan karena tidak adanya tumbuhan penyangga di sekitar lokasi Buper ditambah intensitas hujan yang cukup tinggi beberapa waktu yang lalu.

Sebagai langkah penanganan awal, akan dipasang plengsengan dari bambu, kemudian di atasnya akan ditanam Rumput Vetiver sebagi penguatnya.

"Saya dan anggota pramuka tentu berkewajiban untuk menghijaukan lahan seluas 10 Hektar ini, nanti akan kami tanami Rumput Vetiver untuk menguatkannya," ujarnya.

Namun demikian, menurut Wabup yang akrab disapa Bunda Indah itu, longsor yang terjadi tidak menyebabkan proses pembangunan sarana dan fasilitas terganggu.

Selain itu, Bunda Indah juga mengimbau agar masyarakat turut waspada terhadap wilayah yang rawan longsor. Dirinya juga berharap masyarakat ikut mengantisipasi terjadinya longsor dengan menanam pohon dan tidak melakukan penebangan liar, apalagi di kawasan rawan longsor.(Kominfo-Lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan